Disain pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan

Pendidikan layanan khusus adalah fasilitasi pelayanan akses Pendidikan bagi semua sebagaimana amanat dan tujuan kemerdekaan. Oleh karena itu, Pendidikan layanan khusus harus disiapkan dan didesain sesuai dengan kondisi dan karakter kebutuhan calon peserta didik, analisis dukungan yang tersedia. Pend...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
Main Authors: Hermanto, Hermanto (Author), Siswanto, Ibnu (Author), Sujarwo, Sujarwo (Author), Purwanto, Nurtanio Agus (Author), Khairudin, Moh (Author), Ismara, K. Ima (Author)
格式: Academic Paper
出版: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
主題:
在線閱讀:Get Fulltext
Get Fulltext
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Pendidikan layanan khusus adalah fasilitasi pelayanan akses Pendidikan bagi semua sebagaimana amanat dan tujuan kemerdekaan. Oleh karena itu, Pendidikan layanan khusus harus disiapkan dan didesain sesuai dengan kondisi dan karakter kebutuhan calon peserta didik, analisis dukungan yang tersedia. Pendidikan layanan khusus (selanjutnya disebut dengan PLK) harus dapat mengakomodasi kekhasan potensi berdasarkan geografis, social budaya, dan ekonomi. Tujuan kajian ini adalah untuk mendapatkan Norma, Standar, Prosedur, serta Kriteria PLK pada SMK dengan melakukan identifikasi potensi daerah sasaran pengembangan program layanan PLK pada SMK, identifikasi potensi layanan sumber belajar digital sebagai bagian dari Layanan PLK pada SMK, mengembangkan konsep akademik desain layanan PLK pada SMK, mengembangkan model-model pelaksanaan layanan PLK pada SMK, menjelaskan sistem pengelolaan layanan PLK pada SMK, dan menjelaskan prosedur penyelenggaraan layanan PLK pada SMK. Kajian kebijakan ini menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan dan analisis data. Data pendahuluan didapatkan menggunakan kajian literatur, sedangkan data-data kuantitatif didapatkan dengan mengambil data-data sekunder dari sumber data pokok SMK, Badan Pusat Statistik, dan sumber relevan lainnya. Data sekunder selanjutnya divalidasi dengan melakukan kunjungan observasi dan wawancar secara langsung ke sasaran program Layanan PLK pada SMK. Hasil kajian Pendidikan Layanan Khusus pada SMK difokuskan pada pengembangan PLK di 62 daerah tertinggal. Hasil kajian menunjukkan bahwa Angka Partispasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) di daerah tertinggal rendah karena faktor akses dan ekonomi.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/21063/1/Disain%20pendidikan%20layanan%20khususSMK.pdf
Hermanto, Hermanto and Siswanto, Ibnu and Sujarwo, Sujarwo and Purwanto, Nurtanio Agus and Khairudin, Moh. and Ismara, K. Ima (2020) Disain pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan. Documentation. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.