Disain pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan

Pendidikan layanan khusus adalah fasilitasi pelayanan akses Pendidikan bagi semua sebagaimana amanat dan tujuan kemerdekaan. Oleh karena itu, Pendidikan layanan khusus harus disiapkan dan didesain sesuai dengan kondisi dan karakter kebutuhan calon peserta didik, analisis dukungan yang tersedia. Pend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Hermanto, Hermanto (Author), Siswanto, Ibnu (Author), Sujarwo, Sujarwo (Author), Purwanto, Nurtanio Agus (Author), Khairudin, Moh (Author), Ismara, K. Ima (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03161 am a22003253u 4500
001 0 n9786025517853
042 |a dc 
100 1 0 |a Hermanto, Hermanto  |e author 
700 1 0 |a Siswanto, Ibnu  |e author 
700 1 0 |a Sujarwo, Sujarwo  |e author 
700 1 0 |a Purwanto, Nurtanio Agus  |e author 
700 1 0 |a Khairudin, Moh.  |e author 
700 1 0 |a Ismara, K. Ima  |e author 
245 0 0 |a Disain pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan 
260 |b Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,   |c 2020. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/21063/1/Disain%20pendidikan%20layanan%20khususSMK.pdf 
500 |a  Hermanto, Hermanto and Siswanto, Ibnu and Sujarwo, Sujarwo and Purwanto, Nurtanio Agus and Khairudin, Moh. and Ismara, K. Ima (2020) Disain pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan. Documentation. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.  
520 |a Pendidikan layanan khusus adalah fasilitasi pelayanan akses Pendidikan bagi semua sebagaimana amanat dan tujuan kemerdekaan. Oleh karena itu, Pendidikan layanan khusus harus disiapkan dan didesain sesuai dengan kondisi dan karakter kebutuhan calon peserta didik, analisis dukungan yang tersedia. Pendidikan layanan khusus (selanjutnya disebut dengan PLK) harus dapat mengakomodasi kekhasan potensi berdasarkan geografis, social budaya, dan ekonomi. Tujuan kajian ini adalah untuk mendapatkan Norma, Standar, Prosedur, serta Kriteria PLK pada SMK dengan melakukan identifikasi potensi daerah sasaran pengembangan program layanan PLK pada SMK, identifikasi potensi layanan sumber belajar digital sebagai bagian dari Layanan PLK pada SMK, mengembangkan konsep akademik desain layanan PLK pada SMK, mengembangkan model-model pelaksanaan layanan PLK pada SMK, menjelaskan sistem pengelolaan layanan PLK pada SMK, dan menjelaskan prosedur penyelenggaraan layanan PLK pada SMK. Kajian kebijakan ini menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan dan analisis data. Data pendahuluan didapatkan menggunakan kajian literatur, sedangkan data-data kuantitatif didapatkan dengan mengambil data-data sekunder dari sumber data pokok SMK, Badan Pusat Statistik, dan sumber relevan lainnya. Data sekunder selanjutnya divalidasi dengan melakukan kunjungan observasi dan wawancar secara langsung ke sasaran program Layanan PLK pada SMK. Hasil kajian Pendidikan Layanan Khusus pada SMK difokuskan pada pengembangan PLK di 62 daerah tertinggal. Hasil kajian menunjukkan bahwa Angka Partispasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) di daerah tertinggal rendah karena faktor akses dan ekonomi. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Pendidikan Vokasi 
690 |a Pendidikan dan Pelatihan 
690 |a Sekolah Kejuruan 
690 |a Pembelajaran 
655 7 |a Monograph  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/21063/ 
787 0 |n 9786025517853 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/21063/  |z Get Fulltext 
856 4 1 |u 9786025517853  |z Get Fulltext