APLIKASI SUGAR CANE BAGASSE (SERAT AMPAS TEBU) SEBAGAI REINFORCEMENT (PENGUAT) PADA PERANCANGAN DAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT BERBAHAN ALAMI

Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember Haris (085336003333)

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agus Triono (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fak. Teknik'14, 2015-08-24T02:54:21Z.
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03041 am a22002533u 4500
001 0 nDisertasi Doktor;153
042 |a dc 
100 1 0 |a Agus Triono  |e author 
245 0 0 |a APLIKASI SUGAR CANE BAGASSE (SERAT AMPAS TEBU) SEBAGAI REINFORCEMENT (PENGUAT) PADA PERANCANGAN DAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT BERBAHAN ALAMI 
260 |b Fak. Teknik'14,   |c 2015-08-24T02:54:21Z. 
500 0 |n Disertasi Doktor;153 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63152 
520 |a Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember Haris (085336003333) 
520 |a Salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam sistem keselamatan kendaraan adalah komponen rem. Komponen ini umumnya terbuat dari bahan komposit yang memiliki keunggulan utama, antara lain, ketahanan aus, bobot yang ringan, kestabilan terhadap sifat gesekan, ketahanan panas, dan biaya produksi yang relatif murah. Bahan komposit sendiri merupakan perpaduan dari beberapa bahan yang memiliki sifat dan fungsi yang berbeda. Salah satu bahan yang digunakan adalah serat yang berfungsi sebagai penguat (reinforcement). Selama ini serat yang biasa digunakan adalah serat sintetis berupa fiber glass. Serat ini selain mahal juga kurang baik untuk kesehatan. Untuk itu diperlukan serat alternatif yang dapat menggantikan fiber glass. Pada penelitian ini serat tebu digunakan sebagai alternatif pengganti fiber glass. Selanjutnya pada proses perancangan dan produksi rem komposit untuk berbagai aplikasi sejauh ini masih bertumpu pada penelitian yang bersifat coba-coba (trial & error) yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan nilai yang optimum. Untuk itu diperlukan metodologi perancangan rem komposit yang lebih sistematis dan lebih efisien. Pada penelitian ini dikembangkan metodologi berdasarkan perancangan berbasisdata. Penerapan metodologi ini dimulai dengan penyusunan basis data yang diuji secara empirik untuk memperoleh tiga karakteristik utama rem komposit yaitu crush strength, cross breaking strength, dan koefisien gesek. Basis data yang sudah tersusun tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan metamodel menggunakan metode Radial Basis Function yang selanjutnya dioptimasi menggunakan metode Memetic Algorithm. Hasil dari optimasi tersebut selanjutnya digunakan sebagai variabel untuk mendapatkan persamaan pendekatan yang menghubungkan antara parameter produksi, komposisi dan sifat mekanik rem. Dengan adanya persamaan ini maka pengembangan lebih lanjut komponen rem baik dari sisi komposisi maupun karakteristik akan lebih mudah dilakukan. Kata kunci: Rem komposit, serat, tebu, perancangan, basis data, optimasi 
690 |a Rem komposit 
690 |a serat 
690 |a tebu 
690 |a perancangan 
690 |a basis data 
690 |a optimasi 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63152 
787 0 |n Disertasi Doktor;153 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63152  |z Get Fulltext 
856 0 |n Disertasi Doktor;153  |z Get Fulltext