Sekolah berasrama: peningkatan akses dan mutu pendidikan serta penguatan integrasi sosial kebangsaan di provinsi Papua

Keterbatasan akses dan rendahnya mutu pendidikan, telah membuat pembangunan pendidikan di Papua jauh tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain Indonesia. Secara umum, setidaknya terdapat dua permasalahan besar di bidang pendidikan di Papua. Permasalahan pertama adalah relatif rendahnya mutu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sudrajat, Unggul (Author), Agung, Iskandar (Author), Atmadireja, Genardi (Author), Jakaria, Yaya (Author), Mulyadi, Mulyadi (Contributor), Sumiyati, Sumiyati (Author), Waspodo, R. Muktiono (Contributor)
Other Authors: Zamjani, Irsyad (Contributor), Biantoro, Sugih (Contributor), Widjaja, Imelda (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02895 am a22003733u 4500
001 0 nhttp:__puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id_produk_buku_detail_3131317C323031392D31322D30332030393A34343A3533
042 |a dc 
100 1 0 |a Sudrajat, Unggul  |e author 
100 1 0 |a Waspodo, R. Muktiono  |e contributor 
100 1 0 |a Mulyadi, Mulyadi  |e contributor 
100 1 0 |a Zamjani, Irsyad  |e contributor 
100 1 0 |a Biantoro, Sugih  |e contributor 
100 1 0 |a Widjaja, Imelda  |e contributor 
700 1 0 |a Agung, Iskandar  |e author 
700 1 0 |a Atmadireja, Genardi  |e author 
700 1 0 |a Jakaria, Yaya  |e author 
700 1 0 |a Mulyadi, Mulyadi  |e author 
700 1 0 |a Sumiyati, Sumiyati  |e author 
700 1 0 |a Waspodo, R. Muktiono  |e author 
245 0 0 |a Sekolah berasrama: peningkatan akses dan mutu pendidikan serta penguatan integrasi sosial kebangsaan di provinsi Papua 
260 |b Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan,   |c 2019. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/18071/1/1.%20Kajian%20Sekolah%20Berasrama_Unggul.pdf 
520 |a Keterbatasan akses dan rendahnya mutu pendidikan, telah membuat pembangunan pendidikan di Papua jauh tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain Indonesia. Secara umum, setidaknya terdapat dua permasalahan besar di bidang pendidikan di Papua. Permasalahan pertama adalah relatif rendahnya mutu atau kualitas pendidikan di Provinsi Papua. Persoalan kedua adalah rendahnya akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan. Untuk itu, diperlukan strategi kebijakan untuk segera mengatasi persoalan pendidikan di Papua. Sekolah berasrama merupakan salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan pencapaian pembangunan pendidikan di Papua. Sekolah berasrama diharapkan mampu mengatasi permasalahan berkaitan dengan keterbatasan akses dan mutu pendidikan. Pendidikan sekolah berasrama merupakan perpaduan antara pendidikan yang dilakukan di sekolah dan di asrama, dimana siswa menjalani proses pembelajaran secara utuh dari belajar, bermain, dan mendapatkan berbagai keterampilan hidup. Melalui pendidikan berasrama ini, anak-anak akan dididik dan dikontrol perkembangan hidupnya secara langsung, berkelanjutan, dan mendalam. Dengan demikian, melalui sekolah berasrama, diharapkan kualitas dan kuantitas pendidikan anak-anak di Provinsi Papua dapat meningkat. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Penelitian dan Pengembangan 
690 |a Mutu Pendidikan 
690 |a Pendidikan Karakter 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/18071/ 
787 0 |n http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/buku/detail/3131317C323031392D31322D30332030393A34343A3533 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/18071/  |z Get Fulltext 
856 4 1 |u http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/buku/detail/3131317C323031392D31322D30332030393A34343A3533  |z Get Fulltext