Strategi metakognisi pada implementasu pembelajaran kurikulum 2013 (jenjang SMP)

Salah satu esensi yang dijadikan pertimbangan dalam implementasi K-2013 adalah penggunaan strategi pembelajaran metakognisi di sekolah, sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dengan berpikir kritis, inovatif, dan kreatif. Oleh sebab itu, strategi pembelajaran metakognisi seharusnya sudah diperkena...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sofyatiningrum, Etty (Author), Sisdiana, Etty (Author), Krisna, Fransisca Nur'aini (Author), Susanto, Arie Budi (Author), Waspodo, R. Muktiono (Author)
Other Authors: Mahdiansyah, Mahdiansyah (Contributor), Winingsih, Lucia H. (Contributor), Wirda, Yendri (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Salah satu esensi yang dijadikan pertimbangan dalam implementasi K-2013 adalah penggunaan strategi pembelajaran metakognisi di sekolah, sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dengan berpikir kritis, inovatif, dan kreatif. Oleh sebab itu, strategi pembelajaran metakognisi seharusnya sudah diperkenalkan di sekolah. Akan tetapi, upaya-upaya untuk memperkenalkan metakognisi dalam menyelesaikan masalah kepada siswa sangat kurang atau bahkan cenderung diabaikan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan rekomendasi yang berkenaan dengan penerapan strategi metakognisi pada pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/18057/1/Buku%20Revisi_15%20Strategi%20Metakognisi.pdf