Museum tematik di Indonesia

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 mulai banyak didirikan museum di Indonesia. Hal ini mencapai puncaknya ketika diberlakukan Otonomi Daerah pada tahun 2000 sehingga jumlah museum di Indonesia kini tercatat kurang lebih 269 museum. Museum-museum tersebut ada yang dikelola oleh pemerintah, swa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Yulianto, Kresno (Author), Susantio, Djulianto (Author), Arainikasih, Ajeng Ayu (Author), Sulistyowati, Dian (Author)
Other Authors: Wasono, Sunu (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, 2013-12-01.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 mulai banyak didirikan museum di Indonesia. Hal ini mencapai puncaknya ketika diberlakukan Otonomi Daerah pada tahun 2000 sehingga jumlah museum di Indonesia kini tercatat kurang lebih 269 museum. Museum-museum tersebut ada yang dikelola oleh pemerintah, swasta, dan perorangan. Terlepas siapa pun pengelolanya, museum pada prinsipnya hadir untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada masyarakat yang tidak akan mereka dapatkan di tempat lain. Hal ini pula yang menjadi keunikan bagi tiap-tiap museum karena keberagaman koleksi yang dimiliki dengan cara penyajian informasi yang berbeda pada masing-masing museum menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/12684/1/MUSEUM%20TEMATIK%20DI%20INDONESIA.pdf