Paririmbon Sunda: Jawa Barat

Salah satu sumber informasi kebudayaan daerah yang sangat penting artinya ialah naskah-naskah kuno. Pada dasarnya naskah-naskah itu merupakan dokumen kebudayaan yang berisi berbagai data dan informasi pikiran, perasaan, dan pengetahuan sejarah serta budaya dari bangsa atau sekelompok sosial budaya t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Emon Suryaatmana, Emon Suryaatmana (Author), Darsa, Undang Ahmad (Author), Erlyane, Ane (Author), Wartini, Tien (Author)
Other Authors: Rosyadi, Rosyadi (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, 1992-08.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Salah satu sumber informasi kebudayaan daerah yang sangat penting artinya ialah naskah-naskah kuno. Pada dasarnya naskah-naskah itu merupakan dokumen kebudayaan yang berisi berbagai data dan informasi pikiran, perasaan, dan pengetahuan sejarah serta budaya dari bangsa atau sekelompok sosial budaya tertentu. Sebagai sumber informasi sosial budaya, naskah kuno adalah salah satu unsur budaya yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial budaya masyarakat yang melahirkan dan mendukung naskah-naskah tersebut. Sedangkan lahirnya naskah-naskah kuno erat pula kaitannya dengan kecakapan baca tulis atau dengan pengetahuan mengenai aksara. Berkat adanya tradisi demikian, karya tulis yang mengandung berbagai bahan keterangan mengenai · kehidupan masyarakat masa lampau yang disusun oleh para pujangga pada masa itu masih dapat dibaca hingga kini.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/7795/1/PARIRIMBON%20SUNDA%20%28JAWA%20BARAT%29.pdf