Upacara tradisional (upacara kematian) daerah Jawa Timur

Secara umum inventarisasi dan dokumentasi kebudayaan Daerah ini, bertujuan untuk menyediakan data dan informasi tentang nilai-nilai kehidupan tradisional masyarakat di Jawa Timur. Tujuan yang khusus adalah bermaksud mengumpulkan data serta mendeskripsikan upacara kematian yang masih ditradisikan ser...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Mustopo, Habib (Author), Kumalaningrum, Kumalaningrum (Author), Soetrisno, Agung (Author), Asharini, M (Author), Adyarani, Adyarani (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Kebudayaan, 1984-11-01.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Secara umum inventarisasi dan dokumentasi kebudayaan Daerah ini, bertujuan untuk menyediakan data dan informasi tentang nilai-nilai kehidupan tradisional masyarakat di Jawa Timur. Tujuan yang khusus adalah bermaksud mengumpulkan data serta mendeskripsikan upacara kematian yang masih ditradisikan serta dipelihara oleh masyarakat di Jawa Timur dewasa ini. Dengan upacara kematian itu dimaksudkan tata perbuatan yang berpola, diwujudkan dalam tingkah-laku, ucapan, anjuran, pantangan, serta penyertaan benda-benda tertentu, yang dilaksanakan dengan khidmat. Terhadap upacara itu masyarakat bersikap patuh, hormat, dan memeliharanya sebagai bagian yang sepantasnya dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Upacara kematian sebagai unsur budaya yang masih ditradisikan hingga sekarang, pada hakekatnya dapat merupakan wahana proses sosialisasi kehidupan sosial-budaya, berfungsi untuk mengukuhkan nilai-nilai, norma-norma, yang menyangkut aspek pendidikan nonformal, aspek kesatuan yang mengikat hubungan keluarga dan kerabat, serta memberi pedoman bagi anggota masyarakat, dalam menempatkan diri sebagai bagian dari kehidupan bersama. Diharapkan dengan pencatatan dan dokumentasi upacara tradisional tentang upacara kematian ini, dapat digunakan sebagai bahan untuk menyusun dan merumuskan kebijakan pembinaan serta pengembangan kebudayaan daerah, dalam rangka pelestarian dan pengembangan kebudayaan Nasional.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/13407/1/UPACARA%20TRADISIONAL%20DAERAH%20JAWA%20TIMUR.pdf