Strategi Peningkatan Minat Baca Kelompok Tunanetra melalui Media Audiobook (Studi pada SLB-A Bina Insani Bandar Lampung)

Penggunaan buku audio dianggap lebih efektif karena kelompok tunanetra biasanya lebih fokus dalam hal pendengaran. Media audio dapat memaksimalkan indra yang masih dimiliki oleh orang buta, indera pendengaran. Audiobook  merupakan rekaman teks buku atau tulisan lisan dalam bentuk audio yang dapat di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Purnamayanti, Arnila (Author), Putri, Alviarana Tsamarah Utami (Author)
Format: EJournal Article
Published: Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, 2020-06-04.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02777 am a22002773u 4500
001 0 nhttps:__ejournal2.undip.ac.id_index.php_anuva_article_downloadSuppFile_7925_1834
042 |a dc 
100 1 0 |a Purnamayanti, Arnila  |e author 
100 1 0 |e contributor 
700 1 0 |a Putri, Alviarana Tsamarah Utami  |e author 
245 0 0 |a Strategi Peningkatan Minat Baca Kelompok Tunanetra melalui Media Audiobook (Studi pada SLB-A Bina Insani Bandar Lampung) 
260 |b Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,   |c 2020-06-04. 
500 |a https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/7925 
520 |a Penggunaan buku audio dianggap lebih efektif karena kelompok tunanetra biasanya lebih fokus dalam hal pendengaran. Media audio dapat memaksimalkan indra yang masih dimiliki oleh orang buta, indera pendengaran. Audiobook  merupakan rekaman teks buku atau tulisan lisan dalam bentuk audio yang dapat didengarkan oleh audien dengan isi/substansi sama seperti ketika mereka membaca buku. Audiobook sendiri memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan media lainya apalagi sebagai alternative media pembelajaran. Sebagai media pelajaran bagi kelompok tunanetra, dengan menggunakan  Audiobook  secara tidak langsung dapat menguasai teknologi informasi atau IPTEK. Dengan koleksi bacaan yang lebih variatif sehingga mampu mendorong siswa SLB-A Bina Insani untuk meningkatkan minat baca. Tujuan akhir penulis untuk SLB-A Bina Insani yaitu diharapkan dapat membantu dalam  meningkatkan minat baca di SLB-A Bina Insani, dikarenakan jenjang Sekolah Dasar (SD) menjadi titik awal pengembangan kemampuan literasi di pendidikan formal. Di level ini, peserta didik dikenalkan dengan keterampilan literasi dasar yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan ini akan berkembang dengan adanya pembiasaan dan bertujuan untuk menciptakaan SDM yang unggul dan mandiri di era revolusi industri 4.0. 
540 |a Copyright (c) 2020 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 
546 |a eng 
690 |a audiobook; minat baca; tunanetra 
655 7 |a info:eu-repo/semantics/article  |2 local 
655 7 |a info:eu-repo/semantics/publishedVersion  |2 local 
655 7 |a Peer-reviewed Article  |2 local 
786 0 |n Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 4, No 1 (2020): Maret; 109-117 
786 0 |n 2598-3040 
787 0 |n https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/7925/4167 
787 0 |n https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/downloadSuppFile/7925/1834 
856 4 1 |u https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/7925/4167  |z Get Fulltext 
856 4 1 |u https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/downloadSuppFile/7925/1834  |z Get Fulltext