Jurnal Teknodik vol.22 No.2 Desember 2018

Menyadari berbagai layanan pendidikan/pembelajaran disekolah-sekolah di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3 TP) yang padaumumnya masih relatif rendah kulaitasnya dan belum tersentuh TIK. Hal ini disebabkan karenasekolah belum memiliki sumber tenaga listrik, di samping sumber bela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Purwanto, Purwanto (Author)
Other Authors: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, 2018-12-01.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Menyadari berbagai layanan pendidikan/pembelajaran disekolah-sekolah di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3 TP) yang padaumumnya masih relatif rendah kulaitasnya dan belum tersentuh TIK. Hal ini disebabkan karenasekolah belum memiliki sumber tenaga listrik, di samping sumber belajarnya yang juga terbatasdan guru yang memiliki kemampuan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran juga terbatas.Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan guru masih yang bersifat konvensional. Olehkarena itu, perlu adanya perintisan model pembelajaran terintegrasi TIK di daerah terdepan,terluar, tertinggal dan perbatasan. Misalnya guru terlebih dahulu mempelajari dan memetakankonten pembelajaran digital yang tersedia, mengintegrasikannya ke dalam RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempersiapkan peserta didik untuk mempelajari kontenyang akan dibahas di kelas, menerapkan model pembelajaran terintegrasi TIK, dan melakukanevaluasi hasil belajar.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/13141/1/desem%202018.pdf