Berbagai pola kain tenun dan kehidupan pengrajinnya

Tenun lurik mempunyai bermacam-macam corak yang sifatnya patron dan sekaligus mempunyai makna simbolis yang berlainlainan. Tenun lurik buatan ATBM pada masa sekarang banyak yang mulai mengembangkan corak-corak yang jauh lebih variatif. Corak corak tradisional yang dengan ketat berpegang pada patron,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Marah, Risman (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1986.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tenun lurik mempunyai bermacam-macam corak yang sifatnya patron dan sekaligus mempunyai makna simbolis yang berlainlainan. Tenun lurik buatan ATBM pada masa sekarang banyak yang mulai mengembangkan corak-corak yang jauh lebih variatif. Corak corak tradisional yang dengan ketat berpegang pada patron, lebih banyak dikerjakan oleh para pengrajin tenun gendong. Akan tetapi kehidupan pengrajin tenun gendong memprihatinkan sedangkan pengrajin tenun ATBM berkembang lebih pesat. Usaha-usaha keras dari pemerintah lewat penerangan , kursus, diklat, dan koperasi juga belum mencapai sasaran. Perlunya "cagar budaya", untuk melindungi dan melestarikan tenun lurik gendong dari kepunahannya. Sebab bagaimana pun tenun lurik tersebut selain telah menjadi salah satu kasanah budaya Indonesia, mutunya juga tak bisa diabaikan , bahkan ditandingi.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/23332/1/BERBAGAI%20POLA%20KAIN%20TENUN%20DAN%20KEHIDUPAN%20PENGRAJINNYA.pdf