Inovasi dalam cerita Ketoprak Anglingdarma
Ketoprak, sebagai salah satu jenis teater daerah Jawa, pertama kali muncul di Yogyakarta sekitar tahun 1925. Cerita yang dipentaskan mula-mula bersumber dari dongeng seperti Jaka Tarub, Piti Tumpa, dan Panji, kemudian meningkat ke cerita adaptasi seperti Menak, Sam Pek Ing Tay, dan Si Jin Kui (Harym...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | EJournal Article |
Published: |
Faculty of Cultural Sciences, Universitas Gadjah Mada,
2012-08-04.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02027 am a22002533u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | Humaniora_UGM_786_631 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Nugroho, Akhmad |e author |
100 | 1 | 0 | |e contributor |
245 | 0 | 0 | |a Inovasi dalam cerita Ketoprak Anglingdarma |
260 | |b Faculty of Cultural Sciences, Universitas Gadjah Mada, |c 2012-08-04. | ||
500 | |a https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/786 | ||
520 | |a Ketoprak, sebagai salah satu jenis teater daerah Jawa, pertama kali muncul di Yogyakarta sekitar tahun 1925. Cerita yang dipentaskan mula-mula bersumber dari dongeng seperti Jaka Tarub, Piti Tumpa, dan Panji, kemudian meningkat ke cerita adaptasi seperti Menak, Sam Pek Ing Tay, dan Si Jin Kui (Harymawan, l993:229). Dari segi cerita itulah, ketoprak menunjukkan adanya perubahan sesuai dengan kreativitas pengarangnya. Kebaruan-kebaruan juga terjadi pada sastra daerah lain di Indonesia ini., seperti dalam sastra daerah Minangkabau, drama Puti Bungsu karya Wisran Hadi adalah resepsi warisan budaya lama Minangkabau yang diciptakan kembali sesuai dengan konteks masa kini (Teeuw, l988:216). Wisran Hadi dalam dramanya itu menggunakan beberapa sumber, pertama-tama tentu saja Malin Kundang, kemudian kedua Malin Deman, dan bahkan mengambil sumber yang ketiga Sangkuriang dari Sunda (Junus, l985:39). Wisran Hadi juga menulis teks sandiwara Cindua Mato yang dapat dihubungkan dengan mitos Minangkabau Cindua Mato, tampak hubungan tradisi dan modernitasnya (Esten, l992). | ||
540 | |a Copyright (c) 2012 Akhmad Nugroho | ||
540 | |a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 | ||
546 | |a eng | ||
655 | 7 | |a info:eu-repo/semantics/article |2 local | |
655 | 7 | |a info:eu-repo/semantics/publishedVersion |2 local | |
655 | 7 | |a Peer-reviewed Article |2 local | |
786 | 0 | |n Humaniora; Vol 15, No 2 (2003); 181-190 | |
786 | 0 | |n 2302-9269 | |
786 | 0 | |n 0852-0801 | |
787 | 0 | |n https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/786/631 | |
856 | 4 | 1 | |u https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/786/631 |z Get Fulltext |