Peran Ibu dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak (Studi Kasus Penulis Buku Meydiana Rahmawati Ismail)

Penelitian ini membahas tentang peran ibu dalam menumbuhkan minat baca anak (studi kasus: penulis buku Meydiana Rahmawati Ismail). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ibu dalam menumbuhkan minat baca anaknya. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah kualitatif dengan pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sari, Aminah Nofita (Author), Rukiyah, Rukiyah (Author)
Format: EJournal Article
Published: Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, 2021-06-03.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini membahas tentang peran ibu dalam menumbuhkan minat baca anak (studi kasus: penulis buku Meydiana Rahmawati Ismail). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ibu dalam menumbuhkan minat baca anaknya. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan studi kepustakaaan. Informan utama dalam penelitian ini adalah Meydiana Rahmawati Islamil, seorang penulis buku, sedangkan informan pendukungnya adalah Alifia anak Meydiana Rahmawati Ismail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menumbuhkan minat baca anaknya, Meydiana Rahmawati Ismail memberikan teladan dengan cara meluangkan waktu khusus setiap harinya untuk membaca. Di setiap ruangan di rumahnya disediakan buku sehingga mereka bisa membaca buku di ruangan mana pun, seperti di kamar, di ruang tengah, dan di ruangan yang lain. Berawal dari melihat kebiasaan ibunya muncul motivasi dalam diri anaknya untuk membaca. Sejak kecil, sebelum anaknya bisa membaca Meydiana selalu membacakan buku cerita minimal 2 atau 3 cerita, kebiasaan ini dilakukan di malam hari sebelum anaknya tidur atau di siang hari. Hal lain yang dilakukan adalah menempel beberapa gambar besar -besar di dinding rumah untuk memperkenalkan benda-benda dengan huruf yang ada di gambar tersebut sebagai stimulasi anak untuk mengenal huruf dan mengenal kata, dan mengajak anaknya ke perpustakaan.  Dalam hal pola asuh Meydiana Rahmawati Ismail menerapkan pola asuh demokratif situasional.
Item Description:https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/11171