Pengelolaan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan wawancara semi terstrukt...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sastradiredja, Wahyu Diva (Author), Wasisto, Joko (Author)
Format: EJournal Article
Published: Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, 2021-06-03.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02681 am a22002533u 4500
001 nuva_undip_11460_5894
042 |a dc 
100 1 0 |a Sastradiredja, Wahyu Diva  |e author 
100 1 0 |e contributor 
700 1 0 |a Wasisto, Joko  |e author 
245 0 0 |a Pengelolaan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang 
260 |b Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,   |c 2021-06-03. 
500 |a https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/11460 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dengan menggunakan informan melalui purposive sampling, observasi partisipatif moderat, dan studi dokumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengelolaan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dilaksanakan oleh dua bidang: pelayanan dan pencatatan sipil, serta pelayanan dan pendaftaran penduduk. Pengelolaan dokumen kependudukan di bidang pelayanan dan pencatatan sipil mencakup penciptaan dan pelayanan, penataan, pemilahan, penyimpanan, alih media, pemeliharaan, dan penyusutan. Kemudian pengelolaan dokumen kependudukan di bidang pelayanan dan pendaftaran penduduk mencakup penciptaan dan pelayanan, penataan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penyusutan. Temuan yang didapat dari lapangan adalah pengelolaan dokumen kependudukan sebagian besar sudah sesuai dengan permendagri nomor 19 tahun 2012. Hal yang belum sesuai dengan permendagri nomor 19 tahun 2012 di bidang pelayanan dan pencatatan sipil terletak pada kegiatan pemilahan, dan penyusutan. Pada bidang pelayanan dan pendaftaran penduduk terletak pada kegiatan alih media. 
540 |a Copyright (c) 2021 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 
546 |a eng 
690 |a pengelolaan dokumen kependudukan; dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota semarang 
655 7 |a info:eu-repo/semantics/article  |2 local 
655 7 |a info:eu-repo/semantics/publishedVersion  |2 local 
655 7 |a Peer-reviewed Article  |2 local 
786 0 |n Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 5, No 2 (2021): Juni; 353-364 
786 0 |n 2598-3040 
787 0 |n https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/11460/5894 
856 4 1 |u https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/11460/5894  |z Get Fulltext