Perilaku Baca Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat

Prestasi akademik hampir selalu dikaitkan dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki siswa. Kali ini dicoba melalui pendekatan yang berbeda, yakni prestasi akademik dikaitkan dengan metode baca yang digunakan. Tujuannya yakni untuk mengetahui perilaku membaca dikalangan siswa kaitannya dengan prestasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Rohman, Asep Saeful (Author), Prijana, Prijana (Author), Yanto, Andri (Author)
Format: EJournal Article
Published: Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, 2019-12-02.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Prestasi akademik hampir selalu dikaitkan dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki siswa. Kali ini dicoba melalui pendekatan yang berbeda, yakni prestasi akademik dikaitkan dengan metode baca yang digunakan. Tujuannya yakni untuk mengetahui perilaku membaca dikalangan siswa kaitannya dengan prestasi akademik yang mereka capai. Metode penelitian menggunakan eksperimen. Kelompok eksperimen yang terdiri dari 4 (empat) unit dan  kelompok kontrol terdiri dari 4 (empat) unit. Data dianalisa untuk menguji efek variabel bebas terhadap variabel terikat, memberikan perlakuan pada variabel bebas pada kelompok eksperimen dan membandingkannya dengan kelompok kontrol yang tanpa perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca siswa SMA yakni pada teks 1000 kata, dan kurang berkembang pada teks 2000 kata. Faktor jenis kelamin siswa IPA memiliki hubungan non-signifikan dengan prestasi akademik. Sementara faktor jenis kelamin siswa IPS memiliki hubungan signifikan dengan prestasi akademik. Faktor boarding school siswa IPA dan IPS  memiliki hubungan non-signifikan dengan prestasi akademik. Metode baca good reading belum mampu mendongkrak prestasi akademik. Sementara metode baca reading habit mampu mendongkrak prestasi akademik. Dapat disimpulkan bahwa good reading sebagai metode baca memiliki koefisien keeratan tingkat moderat sampai dengan tingkat sangat kuat jika dikaitkan dengan prestasi akademik, artinya siswa cukup adaptif terhadap good reading sebagai metode baca.
Item Description:https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/6525