Modul matematika SD program bermutu: penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika SD

Sebagian dari ahli teori belajar atau ahli psikologi dikenal sebagai ahli psikologi tingkah laku (behaviorist). Contohnya adalah Burrhus F. Skinner, Thorndike, dan Robert M. Gagne. Sebagian lagi dikenal sebagai ahli psikologi kognitif (cognitive science). Contohnya adalah Jean Piaget; Zoltan P. Dien...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Shadiq, Fadjar (Author), Mustajab, Nur Amini (Author)
Format: Academic Paper
Published: PPPPTK Matematika, 2011.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01883 am a22002053u 4500
001 repokemdikbud_12923_
042 |a dc 
100 1 0 |a Shadiq, Fadjar  |e author 
700 1 0 |a Mustajab, Nur Amini  |e author 
245 0 0 |a Modul matematika SD program bermutu: penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika SD 
260 |b PPPPTK Matematika,   |c 2011. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/12923/1/13.PENERAPAN%20TEORI%20BELAJAR%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20...pdf 
520 |a Sebagian dari ahli teori belajar atau ahli psikologi dikenal sebagai ahli psikologi tingkah laku (behaviorist). Contohnya adalah Burrhus F. Skinner, Thorndike, dan Robert M. Gagne. Sebagian lagi dikenal sebagai ahli psikologi kognitif (cognitive science). Contohnya adalah Jean Piaget; Zoltan P. Dienes; Richard R. Skemp; David P. Ausubel; Jerome Bruner; maupun Lev. S. Vygotsky. Setiap teori yang telah dikemukakan para pakar tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri. Karena itulah, hal paling penting yang perlu diperhatikan para guru matematika adalah agar setiap guru dapat menggunakan dengan tepat keunggulan setiap teori tersebut di kelasnya masing-masing. Di samping itu, beberapa teori kelihatannya berbeda-beda, namun ada juga yang mirip. Modul ini membahas tentang teori belajar (learning theory) yang berkaitan dengan pembelajaran matematika diantaranya: teori belajar tingkah laku (behaviourism) dari Thorndike dan Robert M. Gagne; serta teori belajar kognitif dari Piaget, Bruner (yang terdiri atas enaktif, ikonik, dan simbolik), dan Ausubel (tentang teori belajar bermakna) beserta penerapannya dalam pembelajaran. 
546 |a en 
690 |a Modul Pembelajaran 
690 |a Sekolah Dasar 
655 7 |a Teaching Resource  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/12923/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/12923/  |z Get Fulltext