Modul matematika SD program bermutu: penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika SD
Sebagian dari ahli teori belajar atau ahli psikologi dikenal sebagai ahli psikologi tingkah laku (behaviorist). Contohnya adalah Burrhus F. Skinner, Thorndike, dan Robert M. Gagne. Sebagian lagi dikenal sebagai ahli psikologi kognitif (cognitive science). Contohnya adalah Jean Piaget; Zoltan P. Dien...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
PPPPTK Matematika,
2011.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 01883 am a22002053u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_12923_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Shadiq, Fadjar |e author |
700 | 1 | 0 | |a Mustajab, Nur Amini |e author |
245 | 0 | 0 | |a Modul matematika SD program bermutu: penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika SD |
260 | |b PPPPTK Matematika, |c 2011. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/12923/1/13.PENERAPAN%20TEORI%20BELAJAR%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20...pdf | ||
520 | |a Sebagian dari ahli teori belajar atau ahli psikologi dikenal sebagai ahli psikologi tingkah laku (behaviorist). Contohnya adalah Burrhus F. Skinner, Thorndike, dan Robert M. Gagne. Sebagian lagi dikenal sebagai ahli psikologi kognitif (cognitive science). Contohnya adalah Jean Piaget; Zoltan P. Dienes; Richard R. Skemp; David P. Ausubel; Jerome Bruner; maupun Lev. S. Vygotsky. Setiap teori yang telah dikemukakan para pakar tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri. Karena itulah, hal paling penting yang perlu diperhatikan para guru matematika adalah agar setiap guru dapat menggunakan dengan tepat keunggulan setiap teori tersebut di kelasnya masing-masing. Di samping itu, beberapa teori kelihatannya berbeda-beda, namun ada juga yang mirip. Modul ini membahas tentang teori belajar (learning theory) yang berkaitan dengan pembelajaran matematika diantaranya: teori belajar tingkah laku (behaviourism) dari Thorndike dan Robert M. Gagne; serta teori belajar kognitif dari Piaget, Bruner (yang terdiri atas enaktif, ikonik, dan simbolik), dan Ausubel (tentang teori belajar bermakna) beserta penerapannya dalam pembelajaran. | ||
546 | |a en | ||
690 | |a Modul Pembelajaran | ||
690 | |a Sekolah Dasar | ||
655 | 7 | |a Teaching Resource |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/12923/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/12923/ |z Get Fulltext |