MENJAWAB TANTANGAN, BERJALAN BERSAMA PERUBAHAN

artikel ini berisi tentang kekuatan dan kelemahan yang akan dihadapi oleh pengambil kebijakan, praktisi pendidikan dan para pendidik yang merupakan pemeran utama keterlaksanaan k13. Abad ini diwarnai dengan kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, terbukanya era demokrasi, dan pangs...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lea babutta, selvies (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2014.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02111 am a22002053u 4500
001 repokemdikbud_14788_
042 |a dc 
100 1 0 |a Lea babutta, selvies  |e author 
245 0 0 |a MENJAWAB TANTANGAN, BERJALAN BERSAMA PERUBAHAN 
260 |b Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,   |c 2014. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/14788/1/MENJAWAB%20TANTANGAN_2014_PUBLISH-.pdf 
520 |a artikel ini berisi tentang kekuatan dan kelemahan yang akan dihadapi oleh pengambil kebijakan, praktisi pendidikan dan para pendidik yang merupakan pemeran utama keterlaksanaan k13. Abad ini diwarnai dengan kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, terbukanya era demokrasi, dan pangsa pasar ekonomi yang semakin bersaing, tetapi disisi lain fenomena negatif juga ikut berkembang yaitu adanya kecenderungan menyelesaikan persoalan dengan kekerasan dan kasus pemaksaan kehendak sering muncul di Indonesia. Kondisi ini dapat terlihat dari adanya kasus-kasus perkelahian antar pelajar, dan tindakan 'bullying' yang dialami oleh peserta didik dari Sekolah Dasar sampai jenjang Menengah, walaupun belum ada kajian ilmiah bahwa kekerasan tersebut berhulu dari kurikulum, namun beberapa ahli pendidikan dan tokoh masyarakat menyatakan bahwa salah satu akar masalahnya adalah implementasi kurikulum yang terlalu menekankan aspek kognitif dan keterkungkungan peserta didik di ruang belajarnya dengan kegiatan yang kurang menantang peserta didik. Tantangan kita sekarang ini adalah bukanlah pada bagaimana melakukan sosialisasi atau membekali para pendidik tetapi bagaimana mengugah paradigma bagi para pelaku pendidikan sehingga guru-guru kita adalah guru-guru yang kaya akan pengalaman dalam pembelajaran dan tanggap terhadap perubahan yang terjadi, sehingga diharapkan tujuan akhirnya dapat meningkatkan kualitas 
546 |a id 
690 |a Kebijakan Umum Kemendikbud 
690 |a Mutu Pendidikan 
690 |a Kurikulum 
655 7 |a Article  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/14788/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/14788/  |z Get Fulltext