Kajian penumbuhan karakter: penumbuhan nilai daya juang pada siswa

Kajian pendidikan karakter dalam tulisan ini memfokuskan pada daya juang siswa. Dengan fakta dan kondisi daya juang siswa saat ini, perlu kiranya dikaji bagaimana penumbuhan daya juang yang dilakuka guru dan orangtua pada anak-anak mereka. Tujuan kegiatan secara umum adalah mengkaji potensi daya jua...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Listiawati, Nur (Author), Widodo, Widodo (Author), Hermawan, Ida Kintamani Dewi (Author), Astuti, Rahmah (Author), Winingsih, Lucia H. (Author), Kusumah, Siti Dloyana (Author), Puspitarini, Tri (Author), Yudha, Yusuf Hadi (Author)
Other Authors: Raharjo, Sabar Budi (Contributor), Wirda, Yendri (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud, 2018.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kajian pendidikan karakter dalam tulisan ini memfokuskan pada daya juang siswa. Dengan fakta dan kondisi daya juang siswa saat ini, perlu kiranya dikaji bagaimana penumbuhan daya juang yang dilakuka guru dan orangtua pada anak-anak mereka. Tujuan kegiatan secara umum adalah mengkaji potensi daya juang siswa dan mengembangkan model penumbuhan potensi daya juang siswa. Sedangkan tujuan khusus kajian ini secara rinci adalah: (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dapat menumbuhkan potensi daya juang siswa; (2) mengkaji potensi daya juang siswa berdasarkan demografi (jenis kelamin, usia, jenjang kelas, urutan kelahiran, jarak rumah ke sekolah, moda transportasi, dan status pekerjaan orang tua, dan lokasi penelitian); (3) mengkaji potensi daya juang siswa berdasarkan aspek-aspeknya; (4) mengkaji kontribusi daya juang terhadap prestasi siswa; (5) mengkaji pola asuh orangtua dan guru dalam menumbuhkembangkan potensi daya juang siswa; dan (6) mengembangkan model penumbuhkembangan potensi daya juang siswa. Kajian dilakukan pada 2 sekolah dasar di enam kabupaten/kota lokasi penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa daya juang siswa dipengaruhi salah satunya oleh pola asuh orangtua dan guru yang secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan pada tumbuhkembangnya daya juang mereka. Faktor lain yang mempengaruhi daya juang siswa ialah faktor demografi yaitu jenis kelamin, kondisi lingkungan fisik dan sosial, usia, aktivitas penggunaan transportasi sehari-hari, jarak antara rumah dan sekolah, serta pekerjaan orangtua.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/15810/1/Penumbuhan%20Karakter.pdf