Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018

Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 diikuti oleh 79 negara dan Indonesia merupakan salah satu negara peserta. PISA 2018 di Indonesia dilaksanakan di 399 satuan pendidikan dengan melibatkan 12.098 peserta didik yang dipilih dengan metode sampling yang sahih. Sampel tersebut mer...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suprayitno, Totok (Author)
Format: Academic Paper
Published: Badan Penelitian dan Pengembangan, 2019-12.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02307 am a22002173u 4500
001 repokemdikbud_16742_
042 |a dc 
100 1 0 |a Suprayitno, Totok  |e author 
245 0 0 |a Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018 
260 |b Badan Penelitian dan Pengembangan,   |c 2019-12. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf 
520 |a Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 diikuti oleh 79 negara dan Indonesia merupakan salah satu negara peserta. PISA 2018 di Indonesia dilaksanakan di 399 satuan pendidikan dengan melibatkan 12.098 peserta didik yang dipilih dengan metode sampling yang sahih. Sampel tersebut merepresentasikan 3.768.508 siswa atau 85% penduduk usia 15 tahun. PISA 2018 juga menjadi titik awal bagi Indonesia untuk beralih dari penilaian PISA berbasis kertas menjadi berbasis komputer. Hal ini sesuai dengan semangat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Laporan ini secara ringkas menyajikan berbagai hal tentang hasil PISA 2018. Dalam laporan ini dipaparkan konteks sistem penilaian di Indonesia yang mencakup PISA sebagai salah satu bagian di dalamnya serta penjelasan singkat mengenai PISA. Hasil PISA disajikan juga dari dua perspektif: siswa dan sekolah. Hasil siswa mengupas baik capaian maupun kondisi serta aspirasi siswa. Hasil PISA terkait dengan sekolah menelaah sumber daya serta iklim sekolah yang mendukung hasil pendidikan untuk semua siswa Indonesia. Beragam analisa hasil tersebut diharapkan akan memberi masukan yang berguna bagi para pengambil kebijakan pendidikan baik di tingkat Pusat maupun Daerah. Berbasis bukti empiris dari beragam sistem pendidikan, kita belajar untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang efektif dalam melakukan pembinaan dan peningkatan mutu. Kami juga berharap, melalui laporan ini masyarakat umum khususnya pemerhati pendidikan dan penilaian bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang PISA 2018 yang berbasis pada data dan fakta. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Penelitian dan Pengembangan 
690 |a Siswa 
690 |a Sekolah 
655 7 |a Monograph  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/  |z Get Fulltext