Edumat: jurnal edukasi matematika vol. 4 no. 8 tahun 2013

Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik diantaranya pengembangan bahan ajar berbasis inquiry, pengembangan bahan ajar dengan pendekatan berbasis konstruktivisme, PMRI, creative problem solving, serta pengembangan media pembelajaran matematika dengan TIK. Pengembangan Bahan Ajar Turunan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Nurhayati, Nurhayati (Author), Pujianto, Widarso (Author), Rohayah, Siti (Author), Darmawijoyo, Darmawijoyo (Author), Kesumawati, Nila (Author), Yadnya, I Gusti Agung Oka (Author), Safitri, Meilani (Author), Hartono, Yusuf (Author), Somakim, Somakim (Author), Mulbasari, Anggria Septiani (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2013-11.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik diantaranya pengembangan bahan ajar berbasis inquiry, pengembangan bahan ajar dengan pendekatan berbasis konstruktivisme, PMRI, creative problem solving, serta pengembangan media pembelajaran matematika dengan TIK. Pengembangan Bahan Ajar Turunan Fungsi melalui Pendekatan Konstruktivisme di SMA merupakan salah satu judul artikel pada jurnal volume 4 nomor 8 tahun 2013 ini. Konstruktivisme memandang bahwa pengetahuan itu tidak dapat ditransmisi langsung oleh guru ke dalam pikiran siswa, melainkan proses perubahan yang memerlukan konstruksi aktif siswa. Menurut Driver dan Bell (Suparno, 1997) untuk mengkonstruksi makna baru, siswa harus mempunyai pengalaman mengadakan kegiatan mengamati, menebak, berbuat dan mencoba bahkan mampu menjawab pertanyaan "mengapa". Pada konstruktivisme, siswa perlu mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri untuk masing-masing konsep matematika. Peran guru dalam pembelajaran bukannya menguliahi, menerangkan atau upaya-upaya sejenis untuk memindahkan pengetahuan matematika pada siswa, tetapi menciptakan situasi yang membantu mereka membuat konstruksi-konstruksi mental yang diperlukan.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/17190/1/Jurnal%20Edumat%208.pdf