Edumat: jurnal edukasi matematika vol. 4 no. 8 tahun 2013
Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik diantaranya pengembangan bahan ajar berbasis inquiry, pengembangan bahan ajar dengan pendekatan berbasis konstruktivisme, PMRI, creative problem solving, serta pengembangan media pembelajaran matematika dengan TIK. Pengembangan Bahan Ajar Turunan...
Saved in:
Main Authors: | , , , , , , , , , |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,
2013-11.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02251 am a22003133u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_17190_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Nurhayati, Nurhayati |e author |
700 | 1 | 0 | |a Pujianto, Widarso |e author |
700 | 1 | 0 | |a Rohayah, Siti |e author |
700 | 1 | 0 | |a Darmawijoyo, Darmawijoyo |e author |
700 | 1 | 0 | |a Kesumawati, Nila |e author |
700 | 1 | 0 | |a Yadnya, I Gusti Agung Oka |e author |
700 | 1 | 0 | |a Safitri, Meilani |e author |
700 | 1 | 0 | |a Hartono, Yusuf |e author |
700 | 1 | 0 | |a Somakim, Somakim |e author |
700 | 1 | 0 | |a Mulbasari, Anggria Septiani |e author |
245 | 0 | 0 | |a Edumat: jurnal edukasi matematika vol. 4 no. 8 tahun 2013 |
260 | |b Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, |c 2013-11. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/17190/1/Jurnal%20Edumat%208.pdf | ||
520 | |a Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik diantaranya pengembangan bahan ajar berbasis inquiry, pengembangan bahan ajar dengan pendekatan berbasis konstruktivisme, PMRI, creative problem solving, serta pengembangan media pembelajaran matematika dengan TIK. Pengembangan Bahan Ajar Turunan Fungsi melalui Pendekatan Konstruktivisme di SMA merupakan salah satu judul artikel pada jurnal volume 4 nomor 8 tahun 2013 ini. Konstruktivisme memandang bahwa pengetahuan itu tidak dapat ditransmisi langsung oleh guru ke dalam pikiran siswa, melainkan proses perubahan yang memerlukan konstruksi aktif siswa. Menurut Driver dan Bell (Suparno, 1997) untuk mengkonstruksi makna baru, siswa harus mempunyai pengalaman mengadakan kegiatan mengamati, menebak, berbuat dan mencoba bahkan mampu menjawab pertanyaan "mengapa". Pada konstruktivisme, siswa perlu mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri untuk masing-masing konsep matematika. Peran guru dalam pembelajaran bukannya menguliahi, menerangkan atau upaya-upaya sejenis untuk memindahkan pengetahuan matematika pada siswa, tetapi menciptakan situasi yang membantu mereka membuat konstruksi-konstruksi mental yang diperlukan. | ||
540 | |a cc_by_nc_4 | ||
546 | |a id | ||
690 | |a Pembelajaran | ||
690 | |a Sekolah Menengah Pertama | ||
655 | 7 | |a Book |2 local | |
655 | 7 | |a PeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/17190/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/17190/ |z Get Fulltext |