Edumat: jurnal edukasi matematika vol. 2 no. 4 tahun 2011

Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik khususnya hasil penelitian tindakan dan penelitian pengembangan. Salah satu artikel berjudul Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI IPA SMA Kusuma Bangsa Paembang. Problem solving merup...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Marlina, Marlina (Author), Darmawijoyo, Darmawijoyo (Author), Basir, Djahir (Author), Kristini, Handriani (Author), Purwanto, Purwanto (Author), Sumardyono, Sumardyono (Author), Widyantini, Widyantini (Author), Tamimuddin, Muh (Author), Ekawati, Estina (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2011-11.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02188 am a22002893u 4500
001 repokemdikbud_17224_
042 |a dc 
100 1 0 |a Marlina, Marlina  |e author 
700 1 0 |a Darmawijoyo, Darmawijoyo  |e author 
700 1 0 |a Basir, Djahir  |e author 
700 1 0 |a Kristini, Handriani  |e author 
700 1 0 |a Purwanto, Purwanto  |e author 
700 1 0 |a Sumardyono, Sumardyono  |e author 
700 1 0 |a Widyantini, Widyantini  |e author 
700 1 0 |a Tamimuddin, Muh  |e author 
700 1 0 |a Ekawati, Estina  |e author 
245 0 0 |a Edumat: jurnal edukasi matematika vol. 2 no. 4 tahun 2011 
260 |b Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,   |c 2011-11. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/17224/1/Jurnal%20Edumat%204.pdf 
520 |a Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik khususnya hasil penelitian tindakan dan penelitian pengembangan. Salah satu artikel berjudul Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Fungsi Komposisi Siswa Kelas XI IPA SMA Kusuma Bangsa Paembang. Problem solving merupakan latihan bagi siswa untuk berhadapan dengan sesuatu yang tidak rutin dan kemudian mencoba menyelesaikannya. Ini adalah salah satu kompetensi yang harus ditumbuhkan pada diri siswa. Pembelajaran problem solving tidak sama dengan pembelajaran soal-soal yang telah diselesaikan (solved problem). Agar problem solving dapat dilaksanakan dengan baik maka perlu digunakan metode yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah. Metode tersebut adalah mengkombinasikan 4 fase pemecahan masalah Polya dan mind map. Mind map yang dikembangkan oleh Tony Buzan sejak 1970, merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita (Buzan, 2006). Mind map juga sangat sederhana. Penelitian banyak berfokus pada pengembangan bahan ajar yaitu bagaimana menggunakan mind map untuk mencatat secara kreatif, inovatif sehingga pembelajaran lebih bermakna. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Pembelajaran 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/17224/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/17224/  |z Get Fulltext