Edumat : jurnal edukasi matematika vol. 2 no. 3 Juni 2011

Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik khususnya hasil penelitian tindakan dan penelitian pengembangan. Salah satu artikel volume ini berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Heuristik dengan Metode bekerja Mundur untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pemecahan ma...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Narohita, Gede Alit (Author), Suaidin, Suaidin (Author), Abdi, I Nyoman (Author), Kusaeri, Kusaeri (Author), Khoiriyah, Nur (Author), Sumardyono, Sumardyono (Author), Shadiq, Fadjar (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2011-06.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02455 am a22002653u 4500
001 repokemdikbud_17336_
042 |a dc 
100 1 0 |a Narohita, Gede Alit  |e author 
700 1 0 |a Suaidin, Suaidin  |e author 
700 1 0 |a Abdi, I Nyoman  |e author 
700 1 0 |a Kusaeri, Kusaeri  |e author 
700 1 0 |a Khoiriyah, Nur  |e author 
700 1 0 |a Sumardyono, Sumardyono  |e author 
700 1 0 |a Shadiq, Fadjar  |e author 
245 0 0 |a Edumat : jurnal edukasi matematika vol. 2 no. 3 Juni 2011 
260 |b Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,   |c 2011-06. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/17336/1/Jurnal%20Edumat%203.pdf 
520 |a Pada nomor jurnal kali ini menampilkan berbagai topik khususnya hasil penelitian tindakan dan penelitian pengembangan. Salah satu artikel volume ini berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Heuristik dengan Metode bekerja Mundur untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa, kegiatan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran matematika belum dijadikan sebagai kegiatan utama. Padahal di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang kegiatan tersebut dapat dikatakan merupakan inti dari kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. (Suherman, 2003). Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut di atas adalah strategi pembelajaran heuristik. Strategi heuristik diartikan oleh Wilson dan Cole (dalam Candiasa, 2002: 55) sebagai akal dalam bekerja atau petunjuk praktis yang dapat membantu memperpendek jalur penyelesaian masalah sehingga dengan strategi heuristik penyelesaian masalah yang komplek dalam pembelajaran matematika menjadi lebih sederhana. Vaughan dan Hogg (dalam Candiasa, 2002: 55) menyatakan bahwa heuristik adalah cara pintar secara kognitif yang menyiapkan secara matang cara pengambilan keputusan yang akurat kepada semua individu setiap saat. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Pembelajaran 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/17336/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/17336/  |z Get Fulltext