Model pendampingan penerapan instrumen tingkat pencapaian perkembangan anak bagi guru melalui amakonter (amati, kontrol dan terapkan) 2019

Pendampingan penerapan Instrumen Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (ITPPA) bagi guru melalui AMAKONTER (amati, kontrol dan terapkan) pada anak usia dini merupakan salah satu model yang dikembangkan oleh BPPAUD dan DIKMAS tahun 2019 telah diujicobakan pada beberapa lembaga PAUD yang ada di Sulawes...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Halmiah, Sitti (Author), Rachmawati, Dian (Author), Nurmawati, Nurmawati (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019, 2019-12.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendampingan penerapan Instrumen Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (ITPPA) bagi guru melalui AMAKONTER (amati, kontrol dan terapkan) pada anak usia dini merupakan salah satu model yang dikembangkan oleh BPPAUD dan DIKMAS tahun 2019 telah diujicobakan pada beberapa lembaga PAUD yang ada di Sulawesi Selatan diantaranya TK Angkasa Pura Kabupaten Maros, TK Bahana Kabupaten Pangkep, TK Pertiwi AR Gentung, Kabupaten Pangkep dan TK Pertiwi Ranting Taraweang Kab. Pangkep. Sebagai guru, ingin mengetahui kemampuan anak di sekolah dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan temannya saat bermain bersama. Dalam mengamati perilaku anak tersebut, melihat ada anak yang berkembang sebagaimana anak-anak pada umumnya, tetapi ada pula yang berkembang lebih cepat atau lebih lambat dari anak yang lain, apakah stimulasi dan tugas yang diberikan sudah sesuai atau belum dengan tahapan perkembangan anak. Oleh karena itu, maka peran pendidik dalam melakukan pembelajaran dengan model pendampingan penerapan instrumen tingkat pencapaian perkembangan anak (ITPPA) melalui AMAKONTER (amati, kontrol dan terapkan) apakah anak sudah mencapai tahap perkembangannya atau belum menjadi tanggung jawab pendidik untuk melakukan penilaian. Tujuan penilaian perkembangan anak usia dini antara lain untuk: (1) mendeteksi perkembangan dan arahan dalam melakukan penilaian diagnostik ketika terindikasi yang meliputi deteksi tentang status kesehatan anak usia dini, kepekaan indera, bahasa, motorik kasar, motorik halus, dan perkembangan sosial-emosional; kognitifnya, nilai moral agamanya dan seninya; (2) mengidentifikasi minat dan kebutuhan anak usia dini; (3) menggambarkan kemajuan perkembangan dan belajar anak usia dini, (4) mengembangkan kurikulum, (5) memperbaiki dan mengembangkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak usia dini, dan (6) mengasesmen program dan lembaga (akuntabilitas program dan lembaga).
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/18408/1/model-pendampingan-penerapan-itppa-bagi-guru-melalui-amakonter.pdf