Model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, mathematics) dengan pendekatan saintifik 2019

Upaya mensejajarkan Indonesia dengan negara maju tidak semudah membalik telapak tangan, walaupun potensi itu ada, harus dibarengi dengan kerja keras mulai dari sekarang. Kompetitif dan produktif merupakan kunci kemenangan untuk menjadi negara maju. Namun itu dapat diraih bilamana potensi sumber daya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Hasnawati, Hasnawati (Author), Asmar, Syaiful (Author), Masdafi, Masdafi (Author), Rusdiana, Rusdiana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019, 2019-12.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Upaya mensejajarkan Indonesia dengan negara maju tidak semudah membalik telapak tangan, walaupun potensi itu ada, harus dibarengi dengan kerja keras mulai dari sekarang. Kompetitif dan produktif merupakan kunci kemenangan untuk menjadi negara maju. Namun itu dapat diraih bilamana potensi sumber daya manusia kita mendapat perhatian optimal sejak dini dari semua lini, baik orang tua, masyarakat maupun pemerintah, sehingga generasi mendatang benar-benar dapat menghadapi tantangan yang belum pernah dialami sebelumnya. Konsep pendidikan yang berfokus pada aspek kolaborasi, mengarahkan anak untuk berfikir kritis, kreativitas, berinovasi serta mencari solusi (problem solving), yang berbasis internasional didasari pada nilai-nilai moral dan budaya Indonesia. Oleh karena itu, untuk melahirkan generasi masa depan yang siap menghadapi segala tantangan diperlukan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada praktek langsung. Pendekatan pembelajaran yang mengarah pada praktek langsung tidak terlepas dengan pelibatan lingkungan sebagai wahana pembelajaran sebagai obyek langsung. Sejalan dengan hal tersebut di atas, yang terkait dengan pembelajaran aktif, inovatif serta berfikir kritis sejalan dengan konsep pembelajaran STEAM (Science, Teknologi, Engineering, Art dan Matematic) yang mana konsep utamanya adalah praktek sama pentingnya dengan teori. Artinya harus menggunakan tangan dan otak untuk belajar. Jika anak hanya belajar teori di dalam kelas maka anak takkan bisa mengimbangi perubahan dunia yang dinamis. Fitur utama STEAM adalah pusat pembelajaran dari berbagai subjek berbeda, dimana anak bisa menggunakan tangan dan otak mereka. Anak harus mempraktekkan ilmu yang mereka pelajari.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/18412/1/model-pembelajaran-steam-science-teknologi-engineering-art-dan-matematics-dengan-pendekatan-saintifik.pdf