Model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, mathematics) dengan pendekatan saintifik 2019

Upaya mensejajarkan Indonesia dengan negara maju tidak semudah membalik telapak tangan, walaupun potensi itu ada, harus dibarengi dengan kerja keras mulai dari sekarang. Kompetitif dan produktif merupakan kunci kemenangan untuk menjadi negara maju. Namun itu dapat diraih bilamana potensi sumber daya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Hasnawati, Hasnawati (Author), Asmar, Syaiful (Author), Masdafi, Masdafi (Author), Rusdiana, Rusdiana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019, 2019-12.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02611 am a22002413u 4500
001 repokemdikbud_18412_
042 |a dc 
100 1 0 |a Hasnawati, Hasnawati,  |e author 
700 1 0 |a Asmar, Syaiful  |e author 
700 1 0 |a Masdafi, Masdafi  |e author 
700 1 0 |a Rusdiana, Rusdiana  |e author 
245 0 0 |a Model pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, mathematics) dengan pendekatan saintifik 2019 
260 |b 2019,   |c 2019-12. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/18412/1/model-pembelajaran-steam-science-teknologi-engineering-art-dan-matematics-dengan-pendekatan-saintifik.pdf 
520 |a Upaya mensejajarkan Indonesia dengan negara maju tidak semudah membalik telapak tangan, walaupun potensi itu ada, harus dibarengi dengan kerja keras mulai dari sekarang. Kompetitif dan produktif merupakan kunci kemenangan untuk menjadi negara maju. Namun itu dapat diraih bilamana potensi sumber daya manusia kita mendapat perhatian optimal sejak dini dari semua lini, baik orang tua, masyarakat maupun pemerintah, sehingga generasi mendatang benar-benar dapat menghadapi tantangan yang belum pernah dialami sebelumnya. Konsep pendidikan yang berfokus pada aspek kolaborasi, mengarahkan anak untuk berfikir kritis, kreativitas, berinovasi serta mencari solusi (problem solving), yang berbasis internasional didasari pada nilai-nilai moral dan budaya Indonesia. Oleh karena itu, untuk melahirkan generasi masa depan yang siap menghadapi segala tantangan diperlukan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada praktek langsung. Pendekatan pembelajaran yang mengarah pada praktek langsung tidak terlepas dengan pelibatan lingkungan sebagai wahana pembelajaran sebagai obyek langsung. Sejalan dengan hal tersebut di atas, yang terkait dengan pembelajaran aktif, inovatif serta berfikir kritis sejalan dengan konsep pembelajaran STEAM (Science, Teknologi, Engineering, Art dan Matematic) yang mana konsep utamanya adalah praktek sama pentingnya dengan teori. Artinya harus menggunakan tangan dan otak untuk belajar. Jika anak hanya belajar teori di dalam kelas maka anak takkan bisa mengimbangi perubahan dunia yang dinamis. Fitur utama STEAM adalah pusat pembelajaran dari berbagai subjek berbeda, dimana anak bisa menggunakan tangan dan otak mereka. Anak harus mempraktekkan ilmu yang mereka pelajari. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Modul Pembelajaran 
690 |a Teknologi Informasi dan Komunikasi 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/18412/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/18412/  |z Get Fulltext