Model pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan keaksaraan dasar berbasis kearifan lokal pada Komunitas Adat Terpencil (KAT) suku Dayak Meratus

Penyusunan model ini sebagai upaya untuk membantu para tutor dalam melaksanakan pembelajaran Keaksaraan Dasar pada Komunitas Adat Terpencil. Karena keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh tutor yang bersangkutan. Diharapkan dengan tersusunnya Model Pengembangan Perangkat Pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan (Author)
Format: Academic Paper
Published: Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kalimantan Selatan, 2017-11.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02213 am a22002173u 4500
001 repokemdikbud_18628_
042 |a dc 
100 1 0 |a Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan  |e author 
245 0 0 |a Model pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan keaksaraan dasar berbasis kearifan lokal pada Komunitas Adat Terpencil (KAT) suku Dayak Meratus 
260 |b Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kalimantan Selatan,   |c 2017-11. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/18628/1/Model%20Pengembangan%20perangkat%20pembelajaran%20pendidikan%20Keaksaraan%20Dasar%20Berbasis%20Kearifan%20Lokal%20Pada%20Komunitas%20Adat%20terpencil%20%28Suku%20Dayak.pdf 
520 |a Penyusunan model ini sebagai upaya untuk membantu para tutor dalam melaksanakan pembelajaran Keaksaraan Dasar pada Komunitas Adat Terpencil. Karena keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh tutor yang bersangkutan. Diharapkan dengan tersusunnya Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan Dasar Berbasis Kearifan Lokal pada Komunitas Adat Terpencil (KD-KAT) Suku Dayak Meratus ini selain memudahkan tutor melaksanakan pembelajaran, dapat memudahan peserta didik dalam mencapai kompetensi-kompetensi yang telah ditentukan dalam pendidikan keaksaraan dasar. Masalah utama dalam pengembangan model ini adalah " Bagaimana perangkat pembelajaran pendidikan keaksaraan dasar pada Komunitas Adat Terpencil Suku Dayak Meratus yang berbasis kearifan lokal dan sesuai dengan kompetensi keaksaraan dasar yang mengacu pada Permendikbud No.86 Tahun 2014?" Tujuan pengembangan model ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran pendidikan keaksaraan pada komunitas adat terpencil (KD-KAT) berupa silabus, panduan pembelajaran, bahan ajar dan panduan penilaian pada pendidikan keaksaraan dasar berbasis kearifan lokal pada Komunitas Adat Khusus Suku Dayak Meratus. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Modul Pembelajaran 
690 |a Keaksaraan 
690 |a Masyarakat Adat 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/18628/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/18628/  |z Get Fulltext