Purbakala sebagai sumber belajar sejarah - budaya lokal (ajar budaya pada sumber budaya sekitar)

Gambaran mengetahui pengetahuan (kognisi), aktifitas sosial budaya maupun hasil aktifitas (artefak) masa lalu bisa diungkapkan apabila tersedia cukup data-dalam arti informasi, yang langsung atau tak langsung berkenaan dengannya. Informasi (data) itu terkandung didalam sumber informasi (sumber data...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Cahyono, M. Dwi (Author)
Format: Academic Paper
Published: PPPPTK PKN dan IPS, 2020.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Gambaran mengetahui pengetahuan (kognisi), aktifitas sosial budaya maupun hasil aktifitas (artefak) masa lalu bisa diungkapkan apabila tersedia cukup data-dalam arti informasi, yang langsung atau tak langsung berkenaan dengannya. Informasi (data) itu terkandung didalam sumber informasi (sumber data atau data resources), yang dalam telah ini adalah "smber data masa lampau". Untuk keperluan pembelajaran, sumber data serat kandungan di dalamnya dapat dijadikan "sumber belajar (resource leraning)", bahkan dapat dinyatakan sebagai "sumber belajar yang primer (primary resource learning)". Sumber data masa lalu memiliki urgensi bagi rekonstruksi historis. Lebih lanjut, rekonstruksi historis itu dapat dijadikan bahan ajar. Untuk itulah maka ragam sumber data masa lalu itu seyogyanya di daya gunakan dalam proses pembelajaran, baik bagi pembelajaran siswa, riset guru, atau sebagai bahan yang berharga untuk pelatihan literasi eko-sosio-kultura bagi siapapun yang berminat pada sejarah.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/19225/1/Materi%20Webinar%20Sjrh%20Prbkla.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/19225/3/WebinarSej1-18Mei2020.pdf