Merancang media pembelajaran IPS inovasi

Di era yang serba digital ini, pendidikan di Indonesia semakin mendapat tantangan yang begitu masif dalam mencapai tujuan pendidikan. Berbagai kebijakan telah di lakukan oleh pemerintah guna memperbaiki pendidikan di Indonesia. Salah satu yang terbaru adalah kebijakan "Merdeka Belajar" ole...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riyadi, Aris (Author)
Format: Academic Paper
Published: PPPPTK PKN dan IPS, 2020.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Di era yang serba digital ini, pendidikan di Indonesia semakin mendapat tantangan yang begitu masif dalam mencapai tujuan pendidikan. Berbagai kebijakan telah di lakukan oleh pemerintah guna memperbaiki pendidikan di Indonesia. Salah satu yang terbaru adalah kebijakan "Merdeka Belajar" oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saya melihat ada dua asumsi yang terjadi. Pertama bagi pendidik yang punya daya kreatifitas dan inovasi tinggi akan semakin terpacu dan memberi ruang luas untuk berkreasi dan berinovasi. Namun bagi pendidik yang biasa-biasa saja, bahkan pendidik yang bergaya intruksional, akan cenderung berdiam diri dan mengambil sikap wait and see. Dari asumsi tersebut saya mempunyai pemikiran bahwa inovasi pendidik harus dibangkitkan terlebih dahulu. Apapun kebijakannya, jika dari pendidik punya daya inovasi tinggi maka akan dengan mudah dalam mengembangkan pendidikan. Pendidik dalam hal ini adalah semua profesi yang sesuai dengan kualifikasinya yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan, termasuk dalam hal ini adalah guru. Dalam kaitannya dengan pendidik, Inovasi pendidikan dapat di kembangkan dalam proses pembelajaran itu sendiri. Proses pembelajaran adalah Suatu kegiatan yg melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar (Riyana, 2009). Komponen pembelajaran meliputi peserta dididk, pengajar, materi bahan, metode, model, media pembelajaran, evaluasi, pra sarana, pembiayaan, kurikulum. Diantara banyak pilhan pengembangan komponen pembelajaran yang ada, maka media pembelajaran mempunyai daya pemantik kreatifitas yang tinggi. Mengapa?, karena dalam media pembelajaran mengandung unsur untuk mempermudah/membantu proses pembelajaran, hasilnya penerapan media dapat dilihat langsung, ada produk tampak mata dan sebagai daya pembeda sebuah kreatifitas antar pendidik itu sendiri
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/19235/1/MAKALAH%20WEBINAR%20MERANCANG%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20IPS%20INOVATIF.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/19235/2/REVISI%20PPT%20WEBINAR%20MERANCANG%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20IPS%20INOVATIF.pdf