Laporan penelitian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dan kemampuan apresiasi sastra mereka melalui penceritaan ulang dalam bentuk parafrasa. Parafrasa Itu akan dinilai tingkat kesalahan berbahasanya dan dinilai muatan unsur intrinsiknya. Data dikumpulkan melalui penugasan siswa membaca...
Saved in:
Main Authors: | , , , |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Kantor Bahasa Provinsi NTB,
2017-10.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 01836 am a22002293u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_20426_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Hidayat, Toni Syamsul |e author |
700 | 1 | 0 | |a Wardhani, Aditya |e author |
700 | 1 | 0 | |a Hamid, Safoan Abdul |e author |
700 | 1 | 0 | |a Kurniawaty, Asry |e author |
245 | 0 | 0 | |a Laporan penelitian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat dasar |
260 | |b Kantor Bahasa Provinsi NTB, |c 2017-10. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/20426/1/8.Pemakaian%20Bahasa%20%26%20Apresiasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Dasar%20Kemendikbud%20KBHS%20NTB%20Tahun%202017.pdf | ||
520 | |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dan kemampuan apresiasi sastra mereka melalui penceritaan ulang dalam bentuk parafrasa. Parafrasa Itu akan dinilai tingkat kesalahan berbahasanya dan dinilai muatan unsur intrinsiknya. Data dikumpulkan melalui penugasan siswa membaca cerpen, kemudian meminta mereka menulis ulang (parafrasa) cerpen tersebut menurut pemahaman mereka. Data berupa parafrasa siswa itu kemudian dianalisis secara deskriptif untuk kesalahan berbahasanya dan statistik untuk apresiasi sastranya sehingga dengan itu dapat diketahui tingkat pemahaman siswa dalam mengapresiasi sastra. Hasil analisis kesalahan berbahasanya menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa siswa banyak ditemukan dalam pilihan kata dan tata bahasa. Walaupun ada juga kesalahan dalam penyusunan paragraf. Sementara dalam hal mengapresiasi sastra, rerata siswa masuk dalam ketegori paham dengan akumulasi angka rata-rata 3. | ||
540 | |a cc_by_nc_4 | ||
546 | |a id | ||
690 | |a Penelitian Bahasa dan Sastra | ||
655 | 7 | |a Monograph |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/20426/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/20426/ |z Get Fulltext |