Laporan penelitian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat dasar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dan kemampuan apresiasi sastra mereka melalui penceritaan ulang dalam bentuk parafrasa. Parafrasa Itu akan dinilai tingkat kesalahan berbahasanya dan dinilai muatan unsur intrinsiknya. Data dikumpulkan melalui penugasan siswa membaca...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Hidayat, Toni Syamsul (Author), Wardhani, Aditya (Author), Hamid, Safoan Abdul (Author), Kurniawaty, Asry (Author)
Format: Academic Paper
Published: Kantor Bahasa Provinsi NTB, 2017-10.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01836 am a22002293u 4500
001 repokemdikbud_20426_
042 |a dc 
100 1 0 |a Hidayat, Toni Syamsul  |e author 
700 1 0 |a Wardhani, Aditya  |e author 
700 1 0 |a Hamid, Safoan Abdul  |e author 
700 1 0 |a Kurniawaty, Asry  |e author 
245 0 0 |a Laporan penelitian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat dasar 
260 |b Kantor Bahasa Provinsi NTB,   |c 2017-10. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/20426/1/8.Pemakaian%20Bahasa%20%26%20Apresiasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Dasar%20Kemendikbud%20KBHS%20NTB%20Tahun%202017.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa dan kemampuan apresiasi sastra mereka melalui penceritaan ulang dalam bentuk parafrasa. Parafrasa Itu akan dinilai tingkat kesalahan berbahasanya dan dinilai muatan unsur intrinsiknya. Data dikumpulkan melalui penugasan siswa membaca cerpen, kemudian meminta mereka menulis ulang (parafrasa) cerpen tersebut menurut pemahaman mereka. Data berupa parafrasa siswa itu kemudian dianalisis secara deskriptif untuk kesalahan berbahasanya dan statistik untuk apresiasi sastranya sehingga dengan itu dapat diketahui tingkat pemahaman siswa dalam mengapresiasi sastra. Hasil analisis kesalahan berbahasanya menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa siswa banyak ditemukan dalam pilihan kata dan tata bahasa. Walaupun ada juga kesalahan dalam penyusunan paragraf. Sementara dalam hal mengapresiasi sastra, rerata siswa masuk dalam ketegori paham dengan akumulasi angka rata-rata 3. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Penelitian Bahasa dan Sastra 
655 7 |a Monograph  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/20426/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/20426/  |z Get Fulltext