Panduan pendampingan penerapan instrumen tingkat pencapaian perkembangan anak (TPPA) bagi guru melalui AMAKONTER (amati, kontrol, dan terapkan)

Dalam penyelenggaraan guruan anak usia dini (PAUD) pada lembaga-lembaga penyelenggara merasa sangat terbantu dengan adanya instrumen TPPA ini karena dengan demikian keterbacaan tingkat keberhasilan, kemampuan pihak penyelenggara dalam melaksanakan penilaian sudah ada yang mendasari, karena selama in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, Ditjen PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah (Author)
Format: Academic Paper
Published: BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, 2019.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01997 am a22002053u 4500
001 repokemdikbud_20760_
042 |a dc 
100 1 0 |a BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, Ditjen PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah  |e author 
245 0 0 |a Panduan pendampingan penerapan instrumen tingkat pencapaian perkembangan anak (TPPA) bagi guru melalui AMAKONTER (amati, kontrol, dan terapkan) 
260 |b BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan,   |c 2019. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/20760/1/model-pendampingan-penerapan-itppa-bagi-guru-melalui-amakonter.pdf 
520 |a Dalam penyelenggaraan guruan anak usia dini (PAUD) pada lembaga-lembaga penyelenggara merasa sangat terbantu dengan adanya instrumen TPPA ini karena dengan demikian keterbacaan tingkat keberhasilan, kemampuan pihak penyelenggara dalam melaksanakan penilaian sudah ada yang mendasari, karena selama ini penyelenggaraan penilaian hanya berdasar pada penilaian anekdot, hasil karya dan cheklist.Penentuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak memiliki acuan dalam menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai yang dilayani usia 5-6 tahun, Argomulyo. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini selanjutnya disebut STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni.Berdasarkan penilaian tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun merupakan proses mengumpulkan dan mengkaji berbagai iformasi secara sistimatis terukur, berkelanjutan, serta menyeluruh tentang pertumbuhan dan perkembangan anak yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu. 
546 |a id 
690 |a Panduan/Pedoman 
690 |a Guru dan Tenaga Kependidikan 
690 |a Pembelajaran 
655 7 |a Monograph  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/20760/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/20760/  |z Get Fulltext