Pedoman teknis redesain bidang keahlian dan program keahlian SMK pada revolusi industri 4.0

Hadirnya revolusi industri 4.0 (RI 4.0) berbasis Cyber Physical Production System(CPPS) memberikan dampak terhadap penyesuaian teknologi baru bagi industri untuk meningkatkan produktivitas kerja. Pengembangan SMK dituntut harus fleksibel dan responsif dalam menghadapi tuntutan dan perubahan masa dep...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Triyono, M. Bruri (Author), Pardjono, Pardjono (Author), Sudira, Putu (Author), Mahfud, Tuatul (Author), Hariyanto, Didik (Author), Maryadi, Totok Heru Tri (Author), Rabiman, Rabiman (Author), Yuliana, Irma (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020-12.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02965 am a22003253u 4500
001 repokemdikbud_21582_
042 |a dc 
100 1 0 |a Triyono, M. Bruri  |e author 
700 1 0 |a Pardjono, Pardjono  |e author 
700 1 0 |a Sudira, Putu  |e author 
700 1 0 |a Mahfud, Tuatul  |e author 
700 1 0 |a Hariyanto, Didik  |e author 
700 1 0 |a Maryadi, Totok Heru Tri  |e author 
700 1 0 |a Rabiman, Rabiman  |e author 
700 1 0 |a Yuliana, Irma  |e author 
245 0 0 |a Pedoman teknis redesain bidang keahlian dan program keahlian SMK pada revolusi industri 4.0 
260 |b Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,   |c 2020-12. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/21582/1/REDESAIN%20BIDANG%20KEAHLIAN%20DAN%20PROGRAM%20KEAHLIAN%20SMKPADA%20REVOLUSI%20INDUSTRI%204.0.pdf 
520 |a Hadirnya revolusi industri 4.0 (RI 4.0) berbasis Cyber Physical Production System(CPPS) memberikan dampak terhadap penyesuaian teknologi baru bagi industri untuk meningkatkan produktivitas kerja. Pengembangan SMK dituntut harus fleksibel dan responsif dalam menghadapi tuntutan dan perubahan masa depan khususnya pada RI 4.0. Harapannya, pengembangan SMK tersebut dapat mendorong lulusan SMK yang adaptif terhadap perubahan teknologi di industri dan dunia kerja. Aspek penting yang dinilai sangat kritis untuk menilai kesiapan SMK dalam menghadapi RI 4.0 yaitu kesesuaian bidang keahlian dan program keahlian dengan konteks kebutuhan kerja RI 4.0. Bidang keahliandan program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dan pengembangan tenaga kerja merupakan dasar untuk menentukan standar okupasi dan selanjutnya sebagai bahan untuk pengembangan atau penyelerasan kurikulum. Melalui kurikulum tersebut diharapakandapat mengoptimalkan peran SMK sebagai lembaga pencetak tenaga kerja terampil. Sebaliknya jika penyelenggaraan bidang keahlian dan program keahlian sudah tidak relevan dengan kebutuhan pekerjaan dan pengembangan tenaga kerja maka dapat dipastikan peran SMK semakin tidak optimal bahkan terancam gagal untuk menyiapkan tenaga kerja terampil. Atas dasar itu, upaya penyesuaian bidang dan program keahlian SMKdengan perkembangan teknologi RI 4.0 dinilai sangat penting dan strategis. Hal tersebut menjadi dasar kajian Redesain Bidang Keahlian dan Program Keahlian SMK di Era Revolusi Industri 4.0. Secara garis besar, hasil penelitian ini dapat dijadikan milestone dalam pengembangan SMK di masa depan. Terutama dalam merekonstruksi bidang keahlian dan program keahlianSMK di masa depan. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Pendidikan Vokasi 
690 |a Guru dan Tenaga Kependidikan 
690 |a Pendidikan dan Pelatihan 
690 |a Sekolah Kejuruan 
690 |a Sarana dan Prasarana 
655 7 |a Monograph  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/21582/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/21582/  |z Get Fulltext