Modul pembelajaran SMA sejarah Indonesia Kelas X: konsep berpikir sinkronik dan diakronik dalam sejarah
Modul ini terdiri dari 1 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi. Pertama: Konsep Berfikir Kronologis, Diakronik, Sinkronik, Ruang dan Waktu dalam sejarah. Memanfaatkan sejarah sebagai sarana berpikir, membayangkan masa lalu dengan de...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Direktorat Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2020.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Modul ini terdiri dari 1 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi. Pertama: Konsep Berfikir Kronologis, Diakronik, Sinkronik, Ruang dan Waktu dalam sejarah. Memanfaatkan sejarah sebagai sarana berpikir, membayangkan masa lalu dengan dengan ilustrasi peristiwa, sumber lisan dan dokumen visual. Berpikir sejarah dapat dilakukan secara diakronik dan sinkronik.Berpikir sejarah atau historical thinkingdilakukan dalam proses rekonstruksi peristiwa sejarah secara obyektif. Pengungkapan peristiwa sejarah tidak akan lepas dari ruang dan waktu. Dengan kemampuan menganalisa diharapkan dapat mendorong individu dalam berpikir sejarah secara diakronik dan sinkronik. |
---|---|
Item Description: | http://repositori.kemdikbud.go.id/21630/1/X_Sejarah-Indonesia_KD-3.1_Final.pdf |