Norma dan standar laboratorium/bengkel SMK kompetensi keahlian teknik otomasi industri

Disrupsi teknologi di era revolusi industri 4.0 ditandai dengan semakin meluasnya penerapan otomatisasi, artificial intelligence, big data, internet of things (loT) di industri dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) mengakibatkan perubahan-perubahan besar pada cara belajar, cara berinteraksi dan cara b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ismara, K. Ima (Author), Khairudin, Moh (Author), Surjono, Herman Dwi (Author), Nugraheni, Mutiara (Author), Darmono, Darmono (Author), Fitrihana, Noor (Author), Setiadi, Bayu Rahmat (Author), Suroto, Suroto (Author)
Other Authors: Janah, Miftahul (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03055 am a22003253u 4500
001 repokemdikbud_22690_
042 |a dc 
100 1 0 |a Ismara, K. Ima  |e author 
100 1 0 |a Janah, Miftahul  |e contributor 
700 1 0 |a Khairudin, Moh.  |e author 
700 1 0 |a Surjono, Herman Dwi  |e author 
700 1 0 |a Nugraheni, Mutiara  |e author 
700 1 0 |a Darmono, Darmono  |e author 
700 1 0 |a Fitrihana, Noor  |e author 
700 1 0 |a Setiadi, Bayu Rahmat  |e author 
700 1 0 |a Suroto, Suroto  |e author 
245 0 0 |a Norma dan standar laboratorium/bengkel SMK kompetensi keahlian teknik otomasi industri 
260 |b Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,   |c 2021. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/22690/1/Bengkel%20SMK%20Kompetensi%20Keahlian%20Teknik%20Otomasi%20Industri.pdf 
520 |a Disrupsi teknologi di era revolusi industri 4.0 ditandai dengan semakin meluasnya penerapan otomatisasi, artificial intelligence, big data, internet of things (loT) di industri dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) mengakibatkan perubahan-perubahan besar pada cara belajar, cara berinteraksi dan cara bekerja. SMK dituntut menghasilkan lulusan yang semakin relevan dan adaptif dengan tuntutan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di IDUKA saat ini dan masa depan. Untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing dalam mendukung agenda Making lndonesia 4.0 diperlukan dukungan dan adopsi peralatan yang relevan dengan kebutuhan industri 4.0 di SMK sehingga lulusan SMK memiliki keterampilan baru yang dibutuhkan pasar kerja ke depan. Untuk menjamin kualitas proses pembelajaran yang bermutu dan relevan di SMK, maka diperlukan norma dan standar peralatan yang menunjang terwujudnya capai-an pembelajaran di setiap kompetensi keahlian. Pengembangan norma dan standar peralatan ini dilandaskan pada kebutuhan kurikulum, klaster uji kompetensi kerangka kualifikasi kerja nasional (KKNI) untuk SMK, kompetensi jabatan pertama lulusan SMK dan berorientasi pada kebutuhan dunia kerja di era industri 4.0. Dengan adanya norma dan standar ini diharapkan dapat menjadi acuan penye-diaan peralatan di SMK baik oleh pemerintah, penyelenggara SMK, IDUKA dan para pemangku kepentingan lainnya. Norma dan standar ini disusun sebagai bagian pen-jaminan mutu dalam pengembangan dan penyelenggaraan SMK. Norma, standar, prosedur, dan kriteria peralatan praktik SMK ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan seperangkat peralatan praktik yang menunjang untuk kompetensi keahlian Teknik Otomasi Industri untuk menghasilkan profil lulusan seperti dijelaskan dalam kegiatan teaching factory SMK dalam menumbuhkan kompetensi, kemandirian dan kewirausahaan. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Pendidikan Vokasi 
690 |a Sekolah Kejuruan 
690 |a Sarana dan Prasarana 
690 |a Teknik Otomotif 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/22690/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/22690/  |z Get Fulltext