Analisis sumber daya manusia pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal

Buku "Analisis Sumber Daya Manusia Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Tahun 2016" ini bertujuan untuk melakukan kajian data pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF) khusus tentang sumber daya manusia (SDM) pada program‐program PAUD dan PNF. SDM yang d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sumairawati, Fitri (Author)
Other Authors: Sudarwati, Sudarwati (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Pusat Data dan Statistik Pendidkan dan Kebudayaan, Setjen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02772 am a22002413u 4500
001 repokemdikbud_22848_
042 |a dc 
100 1 0 |a Sumairawati, Fitri  |e author 
100 1 0 |a Sudarwati, Sudarwati  |e contributor 
245 0 0 |a Analisis sumber daya manusia pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal 
260 |b Pusat Data dan Statistik Pendidkan dan Kebudayaan, Setjen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,   |c 2016. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/22848/1/Analisis%20sumber%20daya%20manusia%20PAUD.pdf 
520 |a Buku "Analisis Sumber Daya Manusia Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Tahun 2016" ini bertujuan untuk melakukan kajian data pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF) khusus tentang sumber daya manusia (SDM) pada program‐program PAUD dan PNF. SDM yang dimaksud terdiri dari pendidik dan pengelola. Program PAUD dan PNF yang dimaksud terdiri dari pendidikan keaksaraan, PAUD, taman kanak‐kanak (TK), pendidikan kesetaraan yang terdiri dari paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA serta kursus. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi. Dokumentasi yang digunakan adalah Statistik PAUD dan Statistik PNF yang dihasilkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dan Data Pokok Pendidikan Nonformal (dapodik nonformal) yang diolah kembali. Pengumpulan data dilakukan menggunakan item data yang diperlukan dalam melakukan analisis SDM PAUD dan PNF. Item data tersebut terdiri dari tiga jenis data, yaitu peserta didik, pendidik, dan pengelola. Rincian untuk pendidik ada empat jenis, yaitu menurut ijazah, menurut jenis kelamin, menurut pekerjaan utama/status kepegawaian, dan menurut pelatihan yang diikuti. Rincian untuk pengelola ada dua, yaitu menurut ijazah, dan menurut jenis kelamin. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik tabulasi dalam tabel untuk memudahkan dalam melakukan interpretasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil dan bahasan terdiri dari empat hal, yaitu 1) potensi SDM PAUD dan PNF, 2) kebutuhan, kekurangan/kelebihan SDM PAUD dan PNF, 3) indikators SDM PAUD dan PNF, dan 4) kinerja SDM PAUD dan PNF berdasarkan indikator pendidikan. Untuk melakukan analisis tersebut maka sebagai sumber data yang digunakan adalah Statistik PAUD dan Statistik PNF Tahun 2013 yang tersedia di PDSPK serta dapodik nonformal. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Guru dan Tenaga Kependidikan 
690 |a Paud dan Taman Kanak-Kanak 
690 |a Pendidikan Nonformal dan Informal 
690 |a Pendidikan Kesetaraan 
655 7 |a Book  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/22848/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/22848/  |z Get Fulltext