Menak Jingga : Cerita Rakyat
Karya sastra yang berbicara tentang kehidupan tersebut menggunakan bahasa sebagai media penyampaiannya dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya. Atas dasar media bahasa dan seni imajinatif itu, sastra bersifat multidimensi dan multiinterpretasi. Dengan menggunakan media bahasa, seni imajinatif, d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,
2016-03-15.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 01521 am a22001693u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_238_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Sasangka, S.S.T Wisnu |e author |
245 | 0 | 0 | |a Menak Jingga : Cerita Rakyat |
260 | |b Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, |c 2016-03-15. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/238/1/SMP-Menak%20Jingga.pdf | ||
520 | |a Karya sastra yang berbicara tentang kehidupan tersebut menggunakan bahasa sebagai media penyampaiannya dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya. Atas dasar media bahasa dan seni imajinatif itu, sastra bersifat multidimensi dan multiinterpretasi. Dengan menggunakan media bahasa, seni imajinatif, dan matra budaya, sastra menyampaikan pesan untuk (dapat) ditinjau, ditelaah, dan dikaji ataupun dianalisis dari berbagai sudut pandang. Hasil pandangan itu sangat bergantung pada siapa yang meninjau, siapa yang menelaah, menganalisis, dan siapa yang mengkajinya dengan latar belakang sosial-budaya serta pengetahuan yang beraneka ragam. Adakala seorang penelaah sastra berangkat dari sudut pandang metafora, mitos, simbol, kekuasaan, ideologi, ekonomi, politik, dan budaya, dapat dibantah penelaah lain dari sudut bunyi, referen, maupun ironi. Meskipun kemudian, kata Heraclitus,"Betapa pun berlawanan mereka bekerja sama, dan dari arah yang berbeda, muncul harmoni paling indah". | ||
546 | |a id | ||
655 | 7 | |a Book |2 local | |
655 | 7 | |a PeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/238/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/238/ |z Get Fulltext |