Persepsi masyarakat terhadap kurikulum pendidikan anak usia dini = public perception on early childhood education curriculum

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh persepsi masyarakat terhadap kurikulum pendidikan anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan paradigma penelitian positivistik, dan dilakukan pada bulan September sampai November 2014. Analisis data dilakukan dengan menggunakan a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sutjipto, Sutjipto (Author)
Format: Academic Paper
Published: Badan Penelitian dan Pengembangan: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2015-04.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02257 am a22002053u 4500
001 repokemdikbud_404_
042 |a dc 
100 1 0 |a Sutjipto, Sutjipto  |e author 
245 0 0 |a Persepsi masyarakat terhadap kurikulum pendidikan anak usia dini = public perception on early childhood education curriculum 
260 |b Badan Penelitian dan Pengembangan: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,   |c 2015-04. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/404/1/1.%20SUTJIPRO.pdf 
520 |a Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh persepsi masyarakat terhadap kurikulum pendidikan anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan paradigma penelitian positivistik, dan dilakukan pada bulan September sampai November 2014. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif sederhana dalam bentuk naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu kurikulum dan penerapannya tidak hanya ranah pengembang kurikulum melainkan juga beberapa hal dipersepsikan secara cukup signifikan oleh masyarakat. Pertama, masyarakat mempersepsi penting terhadap rasional pengembangan, landasan pengembangan, strategi dan prosedur pengembangan, struktur dan isi kurikulum, strategi implementasi, dan keberadaan buku dan peralatan dalam konteks desain kurikulum. Kedua, berkaitan dengan kurikulum pendidikan anak usia dini yang dikembangkan, masyarakat mempersepsi secara kuat bahwa dokumen tersebut telah mempertimbangkan berbagai aspek kepentingan untuk tumbuh kembangnya anak usia dini dalam berlatih membaca, menulis, berbahasa, bersosialisasi/berteman, makan dan minum bersama, berdisiplin, bertata krama, sopan santun, aqidah keimanan, kegiatan bermain, bernyanyi, baris-berbaris, dan berolahraga. Ketiga, pengimplementasian kurikulum dipersepsi oleh masyarakat sangat memerlukan kerja sama yang harmonis antara lembaga pendidikan, masyarakat dan pembina pendidikan di daerah terutama dalam hal tenaga pendidik, pengadaan buku dan peralatan serta sumber daya pendukung lainnya. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Paud dan Taman Kanak-Kanak 
690 |a Kurikulum 
655 7 |a Article  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/404/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/404/  |z Get Fulltext