Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar = Assessment Of Learning Outcomes For Elementary School Students

Tulisan ini membahas penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar termasuk aspek kelembagaannya yang dapat memperkuat domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui penguatan penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hadiana, Deni (Author)
Format: Academic Paper
Published: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015-04.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01731 am a22002053u 4500
001 repokemdikbud_407_
042 |a dc 
100 1 0 |a Hadiana, Deni  |e author 
245 0 0 |a Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar = Assessment Of Learning Outcomes For Elementary School Students 
260 |b Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,   |c 2015-04. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/407/1/2.%20Deni.pdf 
520 |a Tulisan ini membahas penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar termasuk aspek kelembagaannya yang dapat memperkuat domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui penguatan penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Dari hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa penilaian internal oleh pendidik dan satuan pendidikan yang dilakukan dengan berbagai teknik dan prosedur dapat memperkuat penilaian otentik dalam ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian eksternal oleh pemerintah dilakukan melalui survei akhir kelas dan penilaian akhir sekolah berstandar nasional. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian oleh pemerintah berfungsi sebagai bahan pemetaan dan seleksi ke jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. 
540 |a cc_by_nc_4 
546 |a id 
690 |a Evaluasi Pembelajaran 
690 |a Sekolah Dasar 
655 7 |a Article  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/407/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/407/  |z Get Fulltext