Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar = Assessment Of Learning Outcomes For Elementary School Students
Tulisan ini membahas penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar termasuk aspek kelembagaannya yang dapat memperkuat domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui penguatan penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2015-04.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 01731 am a22002053u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_407_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Hadiana, Deni |e author |
245 | 0 | 0 | |a Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar = Assessment Of Learning Outcomes For Elementary School Students |
260 | |b Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, |c 2015-04. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/407/1/2.%20Deni.pdf | ||
520 | |a Tulisan ini membahas penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar termasuk aspek kelembagaannya yang dapat memperkuat domain pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui penguatan penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Dari hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa penilaian internal oleh pendidik dan satuan pendidikan yang dilakukan dengan berbagai teknik dan prosedur dapat memperkuat penilaian otentik dalam ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian eksternal oleh pemerintah dilakukan melalui survei akhir kelas dan penilaian akhir sekolah berstandar nasional. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian oleh pemerintah berfungsi sebagai bahan pemetaan dan seleksi ke jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. | ||
540 | |a cc_by_nc_4 | ||
546 | |a id | ||
690 | |a Evaluasi Pembelajaran | ||
690 | |a Sekolah Dasar | ||
655 | 7 | |a Article |2 local | |
655 | 7 | |a PeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/407/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/407/ |z Get Fulltext |