Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji potensi layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF), indikator pendidikan berdasarkan misi pendidikan, dan kinerja PAUD dan PNF tahun 2012. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi atau kepustakaan. Analisis dilakukan secar...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan,
2015-04.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 01684 am a22001813u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_418_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Hermawan, Ida Kintamani Dewi |e author |
245 | 0 | 0 | |a Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan |
260 | |b Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan, |c 2015-04. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/418/1/7.%20IDA.pdf | ||
520 | |a Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji potensi layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF), indikator pendidikan berdasarkan misi pendidikan, dan kinerja PAUD dan PNF tahun 2012. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi atau kepustakaan. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan indikator pendidikan berdasarkan misi pendidikan, yaitu ketersediaan, kualitas, kesetaraan, kepastian layanan. Hasil kajian menunjukkan bahwa potensi 7 layanan pendidikan (pendidikan keaksaraan (PK), PAUD, TK, Paket A, Paket B, Paket C, dan kursus) telah berhasil menampung 12,9 juta peserta didik, dengan pendidik sebesar 575,6 ribu, dan pengelola sebesar 160,9 ribu. Selain itu, berdasarkan misi pendidikan dengan nilai ideal 100 maka ketersediaan sebesar 84,48, kualitas sebesar 59,92, kesetaraan sebesar 83,85, dan kepastian sebesar 73,45 sehingga kinerjanya menjadi 75,43. Simpulannya, kinerja PAUD dan PNF yang terendah adalah pada kualitas layanan dan yang tertinggi adalah pada ketersediaan layanan. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a Pendidikan Nonformal dan Informal | ||
655 | 7 | |a Article |2 local | |
655 | 7 | |a PeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/418/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/418/ |z Get Fulltext |