Pengembangan Program Studi Keahlian Pada SMK Sesuai Kegiatan Ekonomi Utama di Enam Koridor Ekonomi
Tujuan studi ini yaitu menganalisis program studi keahlian di sekolah menengah kejuruan yang perlu diselenggarakan dan menemukan pola pengembangan kompetensi keahlian di tingkat provinsi serta program studi keahlian dan kompetensi keahlian untuk tingkat kabupaten/kota yang sesuai dengan kegiatan eko...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan,
2015-08-13.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 01916 am a22001813u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_456_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Siswantari, Siswantari |e author |
245 | 0 | 0 | |a Pengembangan Program Studi Keahlian Pada SMK Sesuai Kegiatan Ekonomi Utama di Enam Koridor Ekonomi |
260 | |b Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan, |c 2015-08-13. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/456/1/3.%20siswantari.pdf | ||
520 | |a Tujuan studi ini yaitu menganalisis program studi keahlian di sekolah menengah kejuruan yang perlu diselenggarakan dan menemukan pola pengembangan kompetensi keahlian di tingkat provinsi serta program studi keahlian dan kompetensi keahlian untuk tingkat kabupaten/kota yang sesuai dengan kegiatan ekonomi utama. Studi ini menggunakan metode survei dan diskusi. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer bersumber dari program studi keahlian untuk pengembangan 20 kegiatan ekonomi utama yang dilakukan melalui diskusi dengan asosiasi bidang kegiatan ekonomi utama. Data sekunder berupa program studi keahlian yang diselenggarakan di 13 provinsi sampel dikumpulkan melalui angket terhadap kepala bidang pendidikan menengah dinas pendidikan provinsi. Hasil studi memperlihatkan semua provinsi sampel perlu membuka program studi keahlian yang sesuai untuk pengembangan 20 kegiatan ekonomi utama. Kajian ini menyimpulkan program studi keahlian yang diselenggarakan belum sesuai dengan kebutuhan kegiatan ekonomi utama masing-masing provinsi. Analisis kajian ini dapat diterapkan untuk pertimbangan membuka kompetensi keahlian di tingkat provinsi dan/atau membuka program studi keahlian dan kompetensi keahlian di tingkat kabupaten/kota. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a Sekolah Kejuruan | ||
655 | 7 | |a Article |2 local | |
655 | 7 | |a PeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/456/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/456/ |z Get Fulltext |