Seno Gumira Ajidarma dan pelajaran mengarang: penelusuran intensi pengarang dan studi struktural menurut sistem kode Roland Barthes

Judul di atas mengisyaratkan adanya pemahaman terhadap dua hal, yaitu Seno Gumira Ajidarma dan "Pelajaran Mengarang". Karena Seno Gumira Ajidarma adalah penulis teks cerpen "Pelajaran Mengarang", Kedekatan hubungan itu pada mengisyaratkan bahwa pemahaman terhadapnya dapat disinte...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suwondo, Tirto (Author)
Format: Academic Paper
Published: 1996.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01367 am a22001813u 4500
001 repokemdikbud_4833_
042 |a dc 
100 1 0 |a Suwondo, Tirto  |e author 
245 0 0 |a Seno Gumira Ajidarma dan pelajaran mengarang: penelusuran intensi pengarang dan studi struktural menurut sistem kode Roland Barthes 
260 |c 1996. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/4833/1/SENO%20GUMIRA%20ADJIDARMA.pdf 
520 |a Judul di atas mengisyaratkan adanya pemahaman terhadap dua hal, yaitu Seno Gumira Ajidarma dan "Pelajaran Mengarang". Karena Seno Gumira Ajidarma adalah penulis teks cerpen "Pelajaran Mengarang", Kedekatan hubungan itu pada mengisyaratkan bahwa pemahaman terhadapnya dapat disintesiskan. Oleh karenanya, pendekatan yang dipergunakan dapat ditekankan pada aspek hubungan antara teks (sastra) dan penulis, yang dalam teori sastra sering disebut pendekatan (teori) ekspresif. Akan tetapi, sebagaimana diketahui bahwa dalam dunia penelitian sastra --mungkin juga dunia penelitian ilmiah lainnya-- karya sastra sebagai objek studi sastra tidak bergantung kepada teori, tetapi sebaliknya, objek studi sastra justru menentukan teori. 
546 |a id 
690 |a Bahasa dan Kesusatraan 
655 7 |a Article  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/4833/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/4833/  |z Get Fulltext