Pembuatan Augmented Reality Comic Book "Visualisasi cara Kerja Web" sebagai alternatif media pembelajaran

Penelitian tentang Augmented Reality Comic Book ini dilatar belakangi oleh data tentang minat baca siswa di Indonesia yang rendah, jumlah peminat komik di Indonesia yang signifikan, serta pemanfaatan teknologi Augmented Reality dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widiastuti, Dwi Wahyu (Author)
Format: Academic Paper
Published: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian tentang Augmented Reality Comic Book ini dilatar belakangi oleh data tentang minat baca siswa di Indonesia yang rendah, jumlah peminat komik di Indonesia yang signifikan, serta pemanfaatan teknologi Augmented Reality dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran dalam bentuk Augmented Reality comic book dengan menerapkan pembuatan storyboard, teknik pemodelan objek 3D, teknik sound recording dan sound editing, serta pemrograman grafik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang memuat 3 komponen utama yaitu model pengembangan, prosedur pengembangan, dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan para ahli dan kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian. Storyboard diketahui bahwa 86.67 persen storyboard telah memenuhi persyaratan sehingga dapat dikembangkan menjadi comic book. Pengujian fungsional produk yang menggunakan metoda black box testing dan white box testing menghasilkan bahwa tidak ada error program, hanya saja ada kekurangan yang ditemukan yaitu tentang penggunaan interaksi keyboard belum sesuai dengan marker yang terdapat pada comic book. Berdasarkan pengujian pemakaian produk terhadap 15 responden diketahui bahwa 99.33 persen produk telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Augmented Reality Comic Book dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna melalui isi cerita yang menarik, visualisasi objek 3D pada comic book, serta penggunaan suara pada comic book. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Comic Book, Augmented Reality
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/4948/1/Dwi%2C%20Pembuatan%20augmented%20reality.pdf