Jendela Pendidikan dan Kebudayaan: Media Komunikasi dan Inspirasi XXIII/Mei 2018

Pengelolaan nomor identitas resmi yang baik dapat menjadi sumber informasi dan data penting dalam menentukan kebijakan dan program-program pembangunan. Termasuk pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebud...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Santoso, Ari (Author), Budiyono, Luluk (Author), Salpiati, Emi (Author), Ambarini, Ratih (Author), Maulipaksi, Desliana (Author), Bahari, Agi (Author), Putri, Ryka Hapsari (Author), Retnawati, Dwi (Author), Uly, Rona (Author), Sari, Prima (Author), anugrahmawaty, Denty (Author)
Format: Academic Paper
Published: Biro Komuniksi dan Layanan Masyarakat, 2018-05.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pengelolaan nomor identitas resmi yang baik dapat menjadi sumber informasi dan data penting dalam menentukan kebijakan dan program-program pembangunan. Termasuk pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dapat dimanfaatkan untuk merumuskan berbagai program dan kebijakan bagi guru dan siswa. Data yang ada dapat digunakan pula untuk penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya, maupun evaluasi pelaksanaan program, baik di tingkat pusat maupun daerah. Pentingnya data pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa ini mendorong Kemendikbud melakukan pengelolaan yang lebih baik untuk NUPTK dan NISN. Kebijakan itu misalnya dengan menerbitkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan NUPTK dan surat edaran Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Nomor 31966/A/LL/2016 tentang penomoran otomatis NISN
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/6298/1/EDISI_23_2018-min.pdf