Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti: buku guru SMP/MTs Kels VII
Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhanketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajaran...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Other Authors: | , , , , , |
Format: | Academic Paper |
Published: |
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2017.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02222 am a22003133u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repokemdikbud_6875_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Karsan, Karsan |e author |
100 | 1 | 0 | |a Nyanasuryanadi, Partono |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Utomo, Bhikku Budi |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Sampanno, Ditthi |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Priastana, Jo |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Sulani, Puji |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Susanto, Gimin Edi |e contributor |
700 | 1 | 0 | |a Effendie, Effendie |e author |
245 | 0 | 0 | |a Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti: buku guru SMP/MTs Kels VII |
260 | |b Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, |c 2017. | ||
500 | |a http://repositori.kemdikbud.go.id/6875/1/buku%20guru%20budha.pdf | ||
520 | |a Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhanketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Dalam ungkapan Buddhanya, "Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya" (Sn. 789). Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas VII ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi kedalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a Guru dan Tenaga Kependidikan | ||
690 | |a Modul Pembelajaran | ||
690 | |a Sekolah Menengah Pertama | ||
690 | |a Kepercayaan | ||
690 | |a Buku Sekolah | ||
655 | 7 | |a Book |2 local | |
655 | 7 | |a PeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repositori.kemdikbud.go.id/6875/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repositori.kemdikbud.go.id/6875/ |z Get Fulltext |