Studi ketidakhadiran guru di Indonesia 2014

Kajian ini menunjukkan bahwa Indonesia telah mencapai kemajuan yang nyata selama sepuluh tahun terakhir dalam mengurangi ketidakhadiran guru di sekolah dari 19% sampel nasional sekolah yang disurvei pada tahun 2003 menjadi 9,8% di sekolah yang sama pada tahun 2014. Kajian ini juga mengungkapkan bahw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sardjunani, Nina (Author)
Format: Academic Paper
Published: Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP), 2014-12.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kajian ini menunjukkan bahwa Indonesia telah mencapai kemajuan yang nyata selama sepuluh tahun terakhir dalam mengurangi ketidakhadiran guru di sekolah dari 19% sampel nasional sekolah yang disurvei pada tahun 2003 menjadi 9,8% di sekolah yang sama pada tahun 2014. Kajian ini juga mengungkapkan bahwa masih ada tantangan untuk terus memastikan bahwa guru hadir dan efektif dalam mengajar di kelas. Peran guru di luar kelas perlu diperjelas dan lingkungan sekolah perlu lebih mendorong dan mendukung para guru untuk menggunakan waktu mereka di luar kelas dengan lebih produktif - bagi kepentingan perbaikan pembelajaran siswa. Di sini peran kepala sekolah sangat penting dalam mengelola guru dan memberikan dukungan profesional bagi efektivitas pengajaran dan mencapai hasil pembelajaran siswa secara optimum. Kajian ini juga menunjukkan bahwa masalah-masalah penugasan guru - penyebaran geografis guru dalam sistem - membutuhkan kajian mendesak karena ketidakhadiran guru merupakan salah satu gejala dari tantangan yang lebih luas atas tidak meratanya penyebaran geografis guru dalam sistem pendidikan di Indonesia.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/8477/1/ACDP011%20-%20Teacher-Absenteeism-in-Indonesia-Indonesia-9-Jan-2015.pdf