Dampak penerapan metode participatory rural apraisal (PRA) pada penyelenggaraan program pendidikan dan pengembangan anak usia dini (studi di Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang dampak penerapan metode Participatory Rural Appraisal terhadap Partisipasi Masyarakat pada Program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah sejauh mana komponen Partici...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hasanudin, Hasanudin (Author)
Format: Academic Paper
Published: PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat, 2011.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01658 am a22001813u 4500
001 repokemdikbud_8981_
042 |a dc 
100 1 0 |a Hasanudin, Hasanudin  |e author 
245 0 0 |a Dampak penerapan metode participatory rural apraisal (PRA) pada penyelenggaraan program pendidikan dan pengembangan anak usia dini (studi di Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan) 
260 |b PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat,   |c 2011. 
500 |a http://repositori.kemdikbud.go.id/8981/1/48-53.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang dampak penerapan metode Participatory Rural Appraisal terhadap Partisipasi Masyarakat pada Program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah sejauh mana komponen Participatory Rural Appraisal berdampak pada Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Teori Partisipan Jim Ife terdiri dari 6 indikator partisipasi masyarakat yaitu: Empati dalam bentuk tindakan, kewenangan peran dan fungsi, kesadaran tanggung jawab, ikatan emosional dalam mengorganisir, rasa memiliki dalam mengontrol, aspek mentalis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Participatory Rural Appraisal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram, dengan demikian maka hipotesis yang penelitian ajukan dapat diterima. 
546 |a id 
690 |a Paud dan Taman Kanak-Kanak 
655 7 |a Article  |2 local 
655 7 |a PeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repositori.kemdikbud.go.id/8981/ 
856 4 1 |u http://repositori.kemdikbud.go.id/8981/  |z Get Fulltext