Pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha kreatif berbasis kearifan local

Kearifan lokal merupakan modal utama masyarakat dalam membangun dirinya tanpa merusak tatanan sosial yang ada di dalamnya, sehingga perlu dipertimbangkan dalam memberdayakan masyarakat. Upaya memberdayakan masyarakat dapat ditempuh dengan cara membina masyarakat untuk mengembangkan wirausaha kreatif...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Saraswati, Gaharani (Author)
Format: Academic Paper
Published: PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat, 2015.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kearifan lokal merupakan modal utama masyarakat dalam membangun dirinya tanpa merusak tatanan sosial yang ada di dalamnya, sehingga perlu dipertimbangkan dalam memberdayakan masyarakat. Upaya memberdayakan masyarakat dapat ditempuh dengan cara membina masyarakat untuk mengembangkan wirausaha kreatif yang berbasis kearifan lokal. Chocodot adalah salah satu produk kreatif asli Garut yang menanamkan kearifan lokal. Sukses berkiprah di dunia usaha, PT Tama Cokelat Indonesia (perusahaan Chocodot) mengajak para penggiat UKM di sekitarnya untuk berinovasi dan mengembangkan produknya dalam wadah Gapura Indonesia. Penelitian ini mengkaji tentang: 1) kondisi awal terbentuknya usaha Chocodot, 2) penerapan inovasi Chocodot dalam mengembangkan wirausaha kreatif, dan 3) strategi pemberdayaan masyarakat melalui usaha Chocodot.
Item Description:http://repositori.kemdikbud.go.id/9010/1/73-80.pdf