PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKASI "THE ZOO" BERBASIS KINECT

Bahasa Inggris sebagai bahasa universal memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, namun kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah. Pembelajaran bahasa Inggris merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dan haruslah dimulai sejak dini dengan me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Setyani, Fatima (Author), Isnanto, R.Rizal (Author), Martono, Kurniawan Teguh (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014.
Subjects:
Online Access:http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/4769
http://eprints.undip.ac.id/42302/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02291 am a22002173u 4500
001 repository_undip_42302_
042 |a dc 
100 1 0 |a Setyani, Fatima  |e author 
700 1 0 |a Isnanto, R.Rizal  |e author 
700 1 0 |a Martono, Kurniawan Teguh  |e author 
245 0 0 |a PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKASI "THE ZOO" BERBASIS KINECT 
260 |c 2014. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/42302/1/4601 
520 |a Bahasa Inggris sebagai bahasa universal memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, namun kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah. Pembelajaran bahasa Inggris merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dan haruslah dimulai sejak dini dengan metode yang menyenangkan. Oleh karena itu dibangunlah permainan "The Zoo" berbasis Kinect sebagai media pengenalan bahasa Inggris untuk anak yang menghadirkan pengalaman interaksi baru terhadap pemain . Permainan "The Zoo" dibangun dari WPF C# project dan menggunakan Kinect SDK versi 1.6. Tahapan perancangan terdiri dari menentukan tujuan dan memilih tema; melakukan riset tema terkait; merancang struktur I/O, struktur pemrograman, dan struktur permainan; pemrograman; pengujian; dan pengambilan umpan balik. Permainan "The Zoo" telah diuji di TK Al Azhar 14 Semarang. Hasil pengujian fungsional dengan metode kotak hitam menunjukkan bahwa permainan ini dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows 7 di lingkungan .NET Framework 4.5. Metode pengujian pemain yang digunakan adalah metode eksperimental dimana kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media permainan "The Zoo". Hasil pengolahan data tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan "The Zoo" telah mencapai tujuan awal permainan. 
690 |a Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/4769 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/42302/ 
856 4 1 |u http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/4769 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/42302/