BALAI YASA DALAM PENGAPON CITYWALK
Semarang menjadi kota bersejarah sebagai awal perkeretaapian di Indonesia. Pada perempatan akhir abad ke-19 terdapat tiga maskapai kereta api di masa Hindia Belanda yaitu NISC (Neterland Indische Sporing Mastchapij), SJS (Semarang Joana Stomstram) dan DSCS. Namun pada perkembangannya, SJS tidak lagi...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2015.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://eprints.undip.ac.id/46006/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02271 am a22002773u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repository_undip_46006_ | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Chahyanita Dargayana, Glandisepa |e author |
700 | 1 | 0 | |a Bharoto, Bharoto |e author |
700 | 1 | 0 | |a Rukayah, Siti |e author |
245 | 0 | 0 | |a BALAI YASA DALAM PENGAPON CITYWALK |
260 | |c 2015. | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/1/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__JUDUL.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/2/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__BAB_I.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/3/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__BAB_II.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/4/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__BAB_III.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/5/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__BAB_IV.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/6/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__BAB_V.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/7/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__BAB_VI.pdf | ||
500 | |a http://eprints.undip.ac.id/46006/8/GLANDISEPA_C.D.21020111140180__DAFTAR_PUSTAKA.pdf | ||
520 | |a Semarang menjadi kota bersejarah sebagai awal perkeretaapian di Indonesia. Pada perempatan akhir abad ke-19 terdapat tiga maskapai kereta api di masa Hindia Belanda yaitu NISC (Neterland Indische Sporing Mastchapij), SJS (Semarang Joana Stomstram) dan DSCS. Namun pada perkembangannya, SJS tidak lagi dapat beroperasi karena tidak mampu bersaing dan pelayanan transportasi dengan kereta api NIS. Perusahaan SJS yang kini menjadi salah satu asset PT KAI memiliki jejak sejarah perkeretaapian di Semarang yang berwujud bangunan gedung balai yasa. Tetapi kini sudah tidak lagi dapat digunakan. Balai yasa oleh pemerintah Semarang merupakan bangunan yang dilestarikan. Bangunan tersebut berada di sebelah timur Stasiun Tawang, dan berada di lahan sebelah timur laut dari perempatan jalan Ranggawarsito dan jalan Pengapon dekat pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Berbagai masalah terutama genangan air rob, daerah tersebut kini menjadi tandus panas dan gersang menjadikan kawasan yang dulunya berjaya tak lagi bersuara. | ||
690 | |a NA Architecture | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://eprints.undip.ac.id/46006/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://eprints.undip.ac.id/46006/ |