Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Media Pembelajaran (Studi Eksperimen Penggunaan Media Pembelajaran pada Hasil Belajar Siswa/I yang dimoderasi oleh Tingkat Kognisi di Madrasah Aliyah Nudiya Semarang)

ABSTRAK Penelitian Eksperimen Faktorial 2 (Jenis Media Pembelajaran) X 2 (Tingkat Kognisi dalam Hasil Belajar Siswa/i) dilakukan dengan melibatkan 34 partisipan (17 Pria dan 17 Wanita) yang ditugaskan kedalam 4 kelompok perlakuan. Stimulus yang digunakan adalah media pembelajaran TIK yang terdiri da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ita, Musfirowati Hanika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-09-17.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/46915/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03940 am a22002053u 4500
001 repository_undip_46915_
042 |a dc 
100 1 0 |a Ita, Musfirowati Hanika  |e author 
245 0 0 |a Teknologi Informasi Komunikasi sebagai Media Pembelajaran (Studi Eksperimen Penggunaan Media Pembelajaran pada Hasil Belajar Siswa/I yang dimoderasi oleh Tingkat Kognisi di Madrasah Aliyah Nudiya Semarang) 
260 |c 2015-09-17. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/46915/1/Cover.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/46915/2/BAB_I.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/46915/3/BAB_II.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/46915/4/BAB-III.pdf 
520 |a ABSTRAK Penelitian Eksperimen Faktorial 2 (Jenis Media Pembelajaran) X 2 (Tingkat Kognisi dalam Hasil Belajar Siswa/i) dilakukan dengan melibatkan 34 partisipan (17 Pria dan 17 Wanita) yang ditugaskan kedalam 4 kelompok perlakuan. Stimulus yang digunakan adalah media pembelajaran TIK yang terdiri dari Web, Youtube, Game Edukasi (Digital) dan konvensional (Grafis dan Cetak). Stimulus tersebut dikembangkan dengan memadukannya pada pelajaran Bahasa Inggris dengan durasi waktu sebanyak tiga kali pertemuan. Selanjutnya, data dikumpulkan melalui test dan observasi. Test diberikan sebanyak tiga kali yaitu untuk mengukur kognisi, pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa/i. Data yang telah didapatkan diolah melalui Uji Two-Ways ANOVA sebagai alat pengujian hipotesis. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menghasilkan perubahan hasil belajar bagi siswa/i dibandingkan dengan siswa/i yang hanya menggunakan media non-TIK. Disamping itu, terdapat perbedaan antara siswa/i berkognisi tinggi dan rendah dalam mendapatkan nilai. Kelompok siswa/i berkognisi rendah mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa/i yang berkognisi tinggi walau dengan perbedaan yang tidak terlampau jauh. Meskipun begitu, hasil penelitian tidak menjawab adanya dugaan bahwa tingkat kognisi memoderasi antara penggunaan media pembelajaran dan hasil belajar siswa/i, yang berarti hasil belajar siswa/i hanya tergantung dari media pembelajaran bukan berdasarkan dari tingkat kognisi. Kata Kunci: Komunikasi Instruksional, Media Pembelajaran, Teori Kognitif Sosial, Pengolahan Informasi, Anava Dua Arah ABSTRACT Faktorial experimental research, 2 (instructional media) X 2 (cognitive level in student's scores) was involving 34 participants (17 men and 17 woman) who were assigned into four treatment groups. Stimulus used in this research are ICT instructional media which consist of web, Youtube, and education game (digitial) and conventional media like graphics,and print media. The stimulus was combined with the English subject and takes duration about three times of meetings. Furthermore, the data collected by test and observation. The test was given for three times; measuring the cognition, pre-test and post-test to determine student's scores. The data analysis techniques used as hypothesis testing tools is Two-Ways ANOVA. These studies suggest that the used of ICT media on learning could change the student's outcome than students that only used conventional media. In addition, there is a difference between students with high and low cognition to get the scores. Students with low cognition get higher scores than the students with high conigition. Another interesting finding in this research, is cognition does not significantly moderate the instructional media and student's scores, which means the student's scores is influenced by media and does not affected by the level of student's cognition. Keywords: Instructional Communication, Instructional Media, Social Cognitive Theory, Information Proccessing, Two-Way ANOVA 
690 |a H Social Sciences (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/46915/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/46915/